Diskusi Marxisme, Leninisme, dan Komunisme Tak Masalah 

loading...

Jakarta, Kabarnusantara.net– meningkatnya perhatian masyarakat untuk mengkaji Ideologi-ideologi “kiri” menuai pro-kontra di kalangan masyarakat.

Banyak pihak yang mengkhawatirkan fenomena meningkatnya kajian terhadap ideologi yang dianggap bertentangan dengan pancasila, yang bahkan melarang masyarakat mendiskusikannya. 

Luhut Pandjaitan justru menilai larangan terhadap diskusi marxisme, leninisme, dan komunisme akan menghambat kamajuan berpikir masyarakat.

“Masa secara akademis orang enggak boleh mengkaji, nanti lama-lama jadi bodoh,” ujar Luhut di Jakarta, Jumat (20/5) seperti dikutip cnn.com

Menteri Luhut menilai kajian marxisme, leninisme dan komunisme justru akan membantu masyarakat memahami ketiga ideologi tersebut. 

“Kalau tidak begitu, masyarakat enggak tahu komunis itu yang mana, tiba-tiba dia masuk ke Indonesia. Harus ada yang eksper komunis dong,” ujarnya

Meski demikian, purnawirawan TNI berpangkat jenderal itu tetap menyebut komunisme sebagai bahaya laten yang harus terus diwaspadai. 

Kewaspadaan itu, menurut Luhut, tidak boleh berlebihan. “Tapi jangan terlalu paranoid, nanti bisa seperti Amerika, paranoid teroris,” ujar Luhut. (WL/KN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password