Ratusan Miliar Dana Desa di NTT Mengendap di Bank Daerah

Kabarnusantara.net – Kebijakan Pemerintah untuk mempercepat pembangunan desa melalui Bantuan Dana Desa, akhir-akhir ini menimbulkan persoalan. Pasalnya, Dana Desa masih banyak yang dibiarkan mengendap di Bank.

Adrianus Garu, Anggota DPD Asal Nusa Tenggara Timur (NTT) memaparkan hal ini dalam kegiatan Sosialisasi dana Desa di Aula Utama Kantor Bupati Kupang pada Kamis, (12/5) lalu.

Di NTT saja Dana desa yang masih mengendap di Bank Daerah mencapai hampir setengah triliun.

“Ada 400 miliyar rupiah Dana Desa yang mengendap di Bank milik pemerintah seperti Bank Pemerintah Daerah atau sejenisnya”papar Adrianus

Menurut Adrianus, evaluasi mengenai hambatan ini telah dibicarakan Oleb DPD bersana pemerintah

“DPD RI bersama pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan, sudah melakukan evaluasi setiap bulan terkait hambatan dan masalah keterlambatan penyaluran Dana Desa”. Ujarnya

Beberapa kendala lainnya adalah Regulasi dan aturan pengelolaan Dana Desa disebutkan belum menemukan momentum terbaik bagi penyelenggaran program Dana Desa.

“Dengan demikian, sebagai ujung tombak bagi suksesnya penyelenggaraan program Dana Desa pihaknya terus mengevaluasi penyelenggaraan Dana Desa, agar makin lebih baik melayani dan bermanfaat bagi masyarakat di Daerah.”tutupnya. (WL/KN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password