breaking news New

Gunung-Gunung Berapi Terindah di Dunia


Kelimutu, Indonesia

Gunung Kelimutu memiliki kawah misterius dengan danau tiga warna yang menarik perhatian ilmuwan dan wisatawan ke pulau Flores di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tiga danau di kawah tersebut berwarna hijau zamrud hijau, merah gelap dan hitam pekat. Para ilmuwan mengatakan warna tersebut berasal dari reaksi kimia yang terjadi ketika gas vulkanik bertemu danau mineral.

Penduduk setempat percaya bahwa danau tersebut merupakan tempat peristirahatan bagi jiwa-jiwa yang telah pergi dan mengubah warna secara tiba-tiba berdasarkan aliran jiwa. Meskipun terdapat penjelasan ilmiah tentang warna danau tersebut, namun kepercayaan mistis tentang danau tersebut sebagai tempat jiwa-jiwa yang telah mati masih tetap ada.


Gunung Kilimanjaro dan Kawah Ngorongoro, Tanzania

Para petualang dari seluruh dunia menuju ke perbatasan Tanzania dan Kenya untuk menaklukan Kilimanjaro, gunung tertinggi di Afrika. Tak banyak yang tahu bahwa Kilimanjaro juga merupakan gunung berapi tertinggi di benua, fakta uniknya, ia memiliki tiga gunung berapi kerucut. Meskipun gunung berapi kerucut Mawenzi dan Shira telah punah, namun yang tertinggi, Kibo (dimana terdapat puncak tertingg Uhuru), masih aktif dan sesekali mengeluarkan uap dan gas.

Sekitar 200 km kearah barat dari Kilimanjaro, terdapat Ngorongoro, kawah terbesar di dunia dengan diameter 22,5 km dan kedalaman 610 meter. Kawah ini membuat lingkungan unik bagi kehidupan liar setempat. Air terjun turun kaldera mengairi padang rumput yang hijau dan mengisi danau di bagian bawah yang penuh Flamingo dan fauna besar di tepi pantainya, seperti singa, kuda nil, kerbau, zebra, gnus dan badak.


Gunung Mayon, Filipina

Terletak di Pulau Luzon, 450 km di tenggara kota Manila, Gunung Mayon merupakan gunung berapi paling aktif di Filipina. Erupsi yang terjadi pada September 2014 memaksa ribuan penduduk mengungsi dari daerah tersebut. Mayon juga merupakan stratvolcano, gunung berapi kerucut curam yang terbentuk dari banyak lapisan aliran lava yang paling terkenal karena kesimetrisannya.

Para pelancong yang mendaki gunung Mayon akun disuguhi pemandangan perkotaan di Provinsi Albay dan samudera pasifik. Bagi mereka yang menyukai wisata sejarah, di sini terdapat situs sejarah, yaitu Reruntuhan Cagsawa. Reruntuhan Cagsawa merupakan Gereja Fransiskan dari abad ke 18 yang hancur akibat erupsi tahun 1814 dan hanya menyisakan menara batu.


Kilauea dan Mauna Kea, Hawaii

Gunung berapi di Hawaii terkenal dengan erupsi dan pemandangan dunia lainnya. Gunung berapi termuda di Hawaii, Kilaiea telah erupsi terus menerus sejak tahun 1983. Begitu besar erupsinya sehingga lava mengalir hingga ke laut, membentuk bebatuan hitam dan awan asap yang fantastis. Diujung lain spectrum, Mauna Kea berusia sekitar satu juta tahun. Mauna Kea yang tengah tertidur ini memiliki ketinggian 4.205 mdpl dengan kecuraman yang menakjubkkan. Mauna Kea di Hawaii sangat indah dan menjadi rumah bagi harta rahasia, termasuk danau suci beku dekat puncak dan dapat diakses hanya dengan 10 jam perjalanan mendaki.


Gunung Fuji, Jepang

Mungkin, gunung kerucut simetris paling terkenal di dunia adalah Gunung Fuji, Jepang, yang menjadi inspirasi bagi banyak karya seni selama berabad-abad. Gunung fuji menjadi ikon negara Jepang. Tak hanya gunungnya yang indah dan misterius, tetapi hutan Aokigahara di barat laut gunung juga menginspirasi imajinasi, dengan banyaknya legenda setempat yang menceritakan tentang setan dan goblin yang menghantui tempat tersebut. Meskipun gunung berapi aktif, Gunung Fuji tak lagi mengalami erupsi sejak tahun 1707.

(Sumber: dikutip dari BBC.com)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password