breaking news New

Senator NTT Dukung Penuh Penetapan Hari Pancasila 

Jakarta, Kabarnusantara.net – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Adrianus Garu mendukung penuh sikap dan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menentapkan 1 Juni sebagai hari Pancasila. Kebijakan itu sebagai langkah berani dan tongkat sejarah bagi bangsa Indonesia ini.

“Pancasila sebagai dasar negara sudah sepatutnya mendapat tempat khusus di negara ini. Masa untuk yang lain-lain kita berikan hari nasional tetapi untuk dasar dan ideology negara kita tidak hormati. Kami dukung penuh kebijakan yang ada,” kata Andre, sapaan akrab Adrianus Garu dalam Sosialisasi Empat Pilar di Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, Jumat (3/6).

Senator ini menilai di tengah maraknya paham radikal dan gerakan ISIS, Pancasila harus diberi penghargaan khusus. Hal itu untuk meredam dan melawan paham ekstrim tersebut. Jika Pancasila tidak diingatkan, digelorakan dan ditanamkan dalam masyarakat, paham ekstrim yang berkembang sekarang akan semakin menguasai.

“Presiden sudah mengambil sikap yang tepat. Kita butuh penguatan kembali ideologi kita. Jangan sampai kalah dengan paham-paham tidak jelas yang muncul saat ini,” tutur anggota Komite IV DPD ini.

Menurutnya, Presiden Jokowi telah mengambil keputusan bersejarah dalam perkembangan ideologi bangsa. Setelah hampir 71 tahun kemerdekaan Indonesia, baru kali ini pemerintah memutuskan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

“Keputusan itu menjadi monumental bagi Indonesia mengembalikan roh dan jiwa Pancasila sebagai ideologi bangsa,” tegasnya.

Dia menambahkan tantangan terberat ke depan adalah tidak cukup hanya dengan mempertahankan nilai-nilai ideologis Pancasila. Yang paling penting adalah bagaimana mengamalkan nilai-nilai tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.

“Mari kita merawat bersama-sama ideologi kita. Jangan ada lagi penghinaan atau acuh tak acuh terhadap ideologi kita. Siapa lagi yang menjaganya kalau bukan kita sebagai anak bangsa menghargainya,” tutupnya. (MTR/KbN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password