breaking news New

Benny Harman Titipkan Kasus Perdagangan Manusia di NTT kepada Komjen Tito

Jakarta, Kabarnusantara. net-Sebelum menutup sesi pertanyaan dalam Fit & Proper Test dari Calon Kapolri pada hari ini, Kamis (23/6), Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny K Harman menyampaikan dukungan dan harapan Masyarakat NTT kepada Komjen Tito.

“Kami mendukung penuh calon kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo, tetapi dengan satu syarat, tolong Pak Benny menyampaikan kepada calon Kapolri seumpamanya nanti sungguh-sungguh didukung oleh dewan, selesaikanlah kasus human trafficking yang menjadi masalah utama di daerah ini,” ungkap Benny mengulang pernyataan masyarakat NTT yang diterimanya.

Kasus perdagangan Manusia, menurut anggota DPR dari NTT itu, tidak pernah selesai.

“Ganti-ganti Kapolri tetapi tidak ada perubahan masalah ini (human trafficking) di daerah saya,” Lanjut Benny

Kasus perdagangan manusia, menurut Benny adalah salah satu dari sekian banyak kasus yang harus diutamakan penyelesaiannya.

“Banyak soal yang disampaikan, tetapi yang utama adalah soal human trafficking, yang konon katanya melibatkan teman-teman Bapak di dalam tubuh kepolisian, ungkap Benny K Harman kepada Komjen Tito.

Menutupi pertanyaannya, anggota DPR dari Partai Demokrat tersebut, menanyakan soal loyalitas Calon Tunggal Kapolri tersebut terhadap Presiden.

“Saya ingin tanya, saudara calon loyal kepada Presiden?”

Menanggapi pertanyaan tersebut, Calon tunggal kapolri, Komjen Tito menjelaskan posisi Polri yang unik.

“Institusi polri adalah institusi yang unik, karena berada pada dua komponen. Yang pertama adalah komponen eksekutif sebagai penyelenggara negara, yang kedua adalah komponen yudikatif sebagai penegak hukum. Dalam konteks eksekutif, polri harus loyal kepada presiden, sedangkan dalam konteks penegakan hukum harus loyal kepada hukum,” jelas Komjen Tito.

Pertanyaan Benny ini menegaskan pentingnya pejabat negara untuk taat pada konstitusi.

“Hukum ada di atas presiden, maka harus tunduk kepada konstitusi” tutup Benny. (But/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password