breaking news New

Ini 10 Komitmen Kapolri Tito Karnavian

Jakarta, kabarnusantara.net – Sejumlah ide dan gagasan diutarakan Komjen Tito Karnavian dalam Fit & Proper Test beberapa hari lalu dalam rangka melakukan reformasi Polri, pelayanan publik dan penegakan hukum.

Setidaknya, terdapat 10 komitmen Tito diucapkan di depan sejumlah anggota dewan saat itu. Pertama, melakukan konsolidasi internal dan menyiapkan langkah-langkah strategis dalam rangka mewujudukan organisasi Polri yang makin solid dan profesional. Persoalan pembenahan soliditas internal memang perlu digalang dalam rangka mewujudkan perubahan di tubuh Polri. Selain itu, konsolidasi pun dibutuhkan untuk menyamakan persepsi menyusun sejumlah langkah strategis.

Kedua, melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh Kapolri sebelumnya. Sejumlah program Kapolri di era sebelumnya memang perlu dilanjutkan. Seperti di era kepemimpinan Jenderal Sutarman misalnya, digagas adanya polisi desa. Keberadan satu polisi satu desa perlu dilanjutkan demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Program lainnya dalam menjaga Kamtibmas dan penegakan hukum mesti terus dilanjutkan.

Ketiga, mewujudkan insan bhayangkara dan organisasi Polri yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Tak hanya itu, insan bhayangkara mesti menjunjung etika dan moral dalam kehidupan. Tito mengakui, masyarakat terus menyorot Polri. Kinerja Polri dalam bidang pelayanan publik kerap dikritik masyarakat. Oleh sebab itu, ke depan dalam penegakan hukum Tito menekan menghilangkan pungutan liar, pemerasan dan makelar kasus dalam proses penyidikan.

Keempat, mengedepankan sistem pendidikan dan latihan anggota Polri dalam meningkatkan kompetensi dan integritas sumber daya di institusi bhayangkara. Peningkatan kemampuan kompetensi dan keahlian mesti ditingkatkan dalam menghadapi perkembangan global, termasuk modus kejahatan di era teknologi.

Kelima, melakukan koordinasi dengan stake holder terkait guna memudahkan dan memperlancar program yang telah direncanakan dan ditetapkan. Keenam, menunjukkan teladan pemimpin yang memiliki kompetensi, proaktif, tegas tidak ragu-ragu dan bertanggungjawab. Selain itu, melayani dan memberdayakan anggota serta antisipatif terhadap perubahan.

Ketujuh, mewujudkan pelayanan prima Polri kepada masyarakat dengan lebih mudah, cepat, nyaman dan humanis. Aspek pelayanan masyarakat kerap menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, protes masyarakat lantaran laporan yang tidak ditindaklanjuti oleh polisi. Ia berjanji ketika menjabat Kapolri akan mengubah pelayanan masyarakat menjadi lebih baik.

Kedelapan, menerapkan pemberian penghargaan bagi yang berprestasi dan menindak bagi yang melakukan  pelanggaran. Tak hanya itu, Tito berjanji akan meningkatkan kesejahteraan anggota Polri. 

Kesembilan, mengamankan program prioritas nasional dan kebijakan pemerintah. Kesepuluh, melaksanakan dengan sungguh-sungguh reformasi internal Polri, peningkatan pelayanan publik menjadi lebih prima.

Hal penting lainnya, meningkatkan penegakan hukum yang makin profesional serta berkeadilan. Serta, penanganan kelompok radikal pro kekerasan dan intoleran. Ia menilai bila komitmen dan program prioritas dilaksanakan sepenuhnya akan berdampak positif terhadap kepercayaan masyarakat terhadap Polri. “Maka akan menimbulkan public trust dan publik opini yang baik,” ujar jenderal polisi bintang tiga itu.

Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman mengatakan sejumlah program prioritas dan komitmen calon Kapolri terbilang bagus di atas kertas. Menjadi persoalan implementasi kerap kali berbeda dengan ide yang digagas. “Tolong dijelaskan bagaimana menjelaskan dan menjalankan komitmen itu,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III lainnya Desmond J Mahesa menambahkan, lambannya proses tindaklanjut terhadap laporan masyarakat menjadi keluhan masyarakat. Komisi III, kata Desmond, sudah menerima sebanyak 50 laporan terkait pelayanan Polri di masa sidang kali ini. “Ini gambaran buruknya pelayanan dan haus dibenahi,” pungkasnya.(But/KbN)

Sumber: Diolah dari Hukumonline

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password