breaking news New

Resiko TKI Ilegal di Malaysia

Jakarta, Kabarnusantara.net – Nasib para TKI ilegal di Malaysia memang tak tentu. Karena masuk secara ilegal, kenyamanan mereka tidak dapat dijamin negara. Para TKI ilegal ini terpaksa bekerja meskipun tanpa ada surat permit atau izin untuk bekerja. 

Kombes Pol Suyanto, mengatakan bahwa mereka ini dibawa oleh oknum tertentu. 

“Pasti ada yang handle mereka sampai kesana. Mereka mengajak dengan janji manis dan tawaran gaji yang mahal ” ungkap Kepala BNP3TKI Propinsi Riau

Para TKI ilegal ini sangat rentan terhadap kasus perdagangan manusia. Minimnya pengetahuan membuat mereka mudah ditipu oleh oknum yang ingin meraih keuntungan. 

Romo Pascal, Pr – pemerhati TKI- mengungkapan bahwa para TKI tergiur oleh tawaran uang yang tinggi. 

“Banyaknya TKI ke luar Indonesia disebabkan oleh persoalan ekonomi. Mereka tergiur dengan uang yang lebih banyak di Malaysia dan Singapura” Jelas Imam tersebut dalam Acara Realitas Metrotv pada Selasa (19/07) malam. 

Bekerja tanpa izin resmi dari pemerintah adalah alasan dibalik meningkatnya kasus penganiayaan dan penyiksaan oleh majikan terhadap para TKI. Bahkan banyak TKI ilegal yang terjerat kasus hukum. 

Oleh karena itu, setiap saat TKI ilegal yang dipulangkan oleh pemerintah mencapai ratusan orang. 

Ratusan TKI ilegal tersebut dipulangkan dalam kondisi yang memprihatinkan. Ada yang dipulangkan dalam keadaan sakit, hamil dan setelah menjalani hukuman. 

Anggraini mengaku bahwa di Malaysia mereka disika dan diperbudak bahkan diperkosa. 

“Kami disana disiksa dan dianiaya oleh majikan. Bahkan kami dipukul terus dan dikasi air sabun,” ungkap Anggraini ketika diwawancarai tim realitas metrotv

11 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password