breaking news New

Ahli Forensik Pastikan Mirna Meninggal Karena Keracunan Sianida

Jakarta, Kabarnusantara.Net – Sidang  kasus  kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso kembali dilanjutkan pada hari ini Rabu, 3 Agustus 2016 di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan agenda sidang mendengar keterangan dari saksi ahli forensik.

Dokter ahli forensik dari Rumah Sakit Sukanto Mabes Polri, dr. Slamet Purnomo, meyakini bahwa Wayan Mirna Salihin meninggal karena sianida.

Sianida akan memberikan efek samping dengan cepat terhadap orang yang mengonsumsinya, hanya hitungan 1 hingga 2 detik. Slamet menjelaskan  sianida mengikat zat dalam darah sehingga darah tidak bisa mengikat oksigen dan melepaskannnya ke sel-sel tubuh.

“Pada keracunan sianida, oksigen tidak dapat dilepas ke dalam ke sel-sel tubuh karena enzim diikat oleh sianida, ” kata Slamet dalam memberikan kesaksian di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2016).

Slamet Purnomo  meyakini Mirna meninggal karena sianida dan organ tubuh Mirna mengalami kerusakan karena tidak mendapatkan pasokan oksigen tersebut

Senada dengan slamet,  Ahli toksikologi forensik  Nursamran Subandi  memastikan zat yang terdapat dalam tubuh Wayan Mirna Salihin adalah natrium sianida (NaCN). Hal tersebut diungkapkan saat Nursamran memberikan kesaksian di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (3/8/2016).

sianida dalam kopi yang diminum Mirna masih dalam bentuk sianida bebas, belum terikat dalam bentuk senyawa yang kompleks. Namun, sifatnya tetap sama dengan senyawa kompleks.

“Kasus yang kami periksa itu, kami pastikan adalah natrium sianida !” tegas Nursamran saat memberikan kesaksian.

Wayan Mirna Salihin meninggal  pada 6 Januari lalu di Kafe Olivier Grand Indonesia, setelah minum kopi vietnam yang dipesan Jessica Kumala Wongso.(RPS/KbN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password