breaking news New

Indonesia Pasar Terbesar di Asia Untuk Bisnis E-Commerce

Jakarta, Kabarnusantara.Net – Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang terus mengembangkan bisnis e-commerce. Dan pada 2020 nanti, bisnis e-commerce di Indonesia dapat mencapai US$130 juta, dan terbesar ketiga dunia setelah China dan India, Seperti dilansir pada laman Business Insider, pada Sabtu 6 Agustus 2016,

Indonesia juga diperkirakan dapat menjadi pemimpin teratas dalam bisnis e-commerce dunia kedepan, setidaknya dilihat dari beberapa data berikut;

Pertama, Sebuah laporan StatCounter memperkirakan bahwa pada 2015 lalu, telah lebih dari 70 persen lalu lintas internet di Indonesia berasal dari perangkat telepon genggam pintar. Indonesia juga memiliki Facebook dengan tingkat penggunaan tertinggi di seluruh dunia, dengan 63 juta pengguna pada 2015.Hal ini membuktikanIndonesia tercatat sebagai bangsa pengguna telepon genggam pintas pertama dan yang memberikan akses pasar e-marketer langsung ke data pribadi.

Kedua,  Indonesia tidak semata-mata mengandalkan marketing untuk memandu keputusan pembelian.  Hal ini memungkinkan usaha mandiri dapat mempertahankan pangsa pasar. Terlebih dalam upaya menumbuhkan pasar ritel dan sebagai langkah bertahan diera persaingan, UMKM terkemuka diminta terus kembangkan e-commerce dalam menghadapi pebisnis besar dan bermerek.

Keitiga, Wilayah pedesaan yang banyak dan tersebar luas. Meskipun kemajuan infrastruktur di banyak kota di Indonesia masih terbelakang. Namun, ada potensi besar di wilayah pedesaan dan semi-pedesaan dengan e-commerce. Di mana hal tersebut dapat membantu konsumen untuk langsung menemukan barang di sumber-sumber sulit, terlebih dengan menggunakan smartphone.

Keempat, Jumlah pemilik akun facebook yang tinggi yakni lebih dari 92 persen penduduk Indonesia memiliki  dan menggunakan akun facebook pribadi secara bebas dan luas untuk kepentingan pribadi. Tidak seperti negara lain yang miliki berbagai media sosial seperti China dengan Weibo, QZone dan TencentQQ.

Selain itu, daya beli masyarakat Indonesia referensinya berasal dari iklan media sosial. Akun media sosial menyediakan ruang bagi perusahaan atau produk tertentu untuk melakukan promosi dalam dalam bentuk iklan. (RPS/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password