breaking news New

Momentum HUT ke-71 RI, Ratusan Anggota OPM Nyatakan Diri Kembali ke NKRI

​Puncak Jaya-Papua, Kabarnusantara.net – Ratusan anggota Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka atau yang dikenal dengan singkatan TPN-OPM, menandatangani pernyataan sikap kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pernyataan sikap itu, ditandatangani bertepatan dengan puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Lapangan Roh Kudus, Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Rabu (17/8).

Dilansir dari Beritasatu.com, pernyataan sikap kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dibacakan Boni Telengge, salah satu dari anggota TPN-OPM.

Dikatakan, kembalinya ratusan anggota TPN-OPM itu merupakan keinginan mereka sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun, dan karena mereka melihat bahwa pemerintah serius untuk membangun Kabupaten Puncak Jaya.

“Kami menyatakan diri kembali ke Indonesia bukan paksaan siapa-siapa, tetapi kami sendiri yang menginginkan, karena kami melihat bahwa saat ini sudah ada pembangunan di daerah Puncak Jaya,” sebut Boni Telengge.

Dikatakan, bahwa setelah mereka bergabung dengan NKRI, maka mereka akan membantu pemerintah dalam pembangunan di Puncak Jaya, serta akan mengajak anggota mereka yang lain untuk “turun gunung” bersama-sama membangun daerah itu dalam bingkai NKRI.

“Terima kasih kepada pemerintah karena pembangunan yang telah dilakukan, kami akan turut mendukung pembangunan dan menjaga keamanan dengan masyarakat lain yang ada disini, kami juga tetap mengajak anggota yang masih dihutan untuk turun gunung membantu pemerintah, ” katanya.

Komandan Kodim 1714 Puncak Jaya Letkol inf Hindratno Devidanto, Rabu sore, membenarkan kembalinya para anggota TPN-OPM ini ke pangkuan NKRI.

Dikatakan, ratusan anggota TPN/OPM yang kembali terdiri dari beberapa kelompok yang ada di Kabupaten Puncak Jaya.

“Mereka yang menyatakan diri kembali ini merupakan anggota dari beberapa kelompok di puncak jaya ini, jadi bukan satu kelompok saja, mulai dari kelompok Yambi, Tingginambut, Mewuluk, dan filia, ” ujar Dandim.

Sementara Bupati Puncak Jaya Henock Ibo menyatakan apresiasi yang tinggi atas kembalinya para anggota TPN/OPM ini, dan pemerintah akan memberikan rumah dan pekerjaan yang dibutuhkan oleh mereka.

“Saya atas nama pemerintah memberikan apresiasi kepada para anggota yang kembali ini, kami akan memberikan bantuan berupa rumah dan pekerjaan kepada mereka, dan bagi yang masih sekolah kami akan fasilitasi untuk mendapat pendidikan yang layak, dan tentu kami akan melibatkan dalam pembangunan daerah ini, ” ungkap Bupati.

Dikatakan, dirinya akan terus melakukan pembangunan di berbagai bidang untuk menunjukan kepada kelompok pimpinan Goliat Tabuni bahwa pemerintah serius untuk membangun Kabupaten Puncak Jaya.

“Pembangunan akan terus kami lakukan supaya kelompok yang masih tidak sepaham melihat, dan kalau bisa mereka juga kembali ke NKRI, termasuk pimpinan TPN-OPM Goliat Tabuni, ” ujarnya.(RR/KbN)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password