breaking news New

Para Jendral Penguasa Jakarta

Jakarta, Kabarnusantara.net – Selama 17 kali pergantian Gubernur di Jakarta, militer memiliki pengaruh yang kuat. Terbukti selama 17 kali itu, delapan Gubernur di antaranya berasal dari militer. Pertama ada Daan Jahja, yang menjadi Gubernur kedua Jakarta saat ibukota pindah ke Yogyakarta. Jejak Daan ini diteruskan oleh Soemarno yang menjadi Gubernur ke enam dan ke delapan. 

Begitu orde lama digusur oleh orde baru, semua Gubernur yang menjabat di Jakarta adalah dari militer. Gubernur Jakarta yang dianggap paling kontroversial, Ali Sadikin merupakan Letnan Jendral dari Angkatan Laut. Jejak Bang Ali kemudian dilanjutkan oleh Letnan Jenderal TNI (Purn) Tjokropranolo atau yang akrab dipanggil bang Nolly. 

Pengganti bang Nolly adalah Soeprapto yang pernah menjadi Panglima Kodam XVI/Udayana  tahun 1970-1972. Selanjutnya Soeprapto digantikan Letjen Wiyogo Atmodarminto. Wiyogo kemudian digantikan oleh Jenderal Soerjadi Soedirdja. 

Pada tahun 1997, Letjen Sutiyoso menjadi penerusnya. Pria yang kini menjadi Kepada BIN ini menjadi Gubernur Jakarta terakhir yang berlatar belakang militer. Setidaknya untuk saat ini. Sutiyoso kemudian digantikan oleh Fauzi Bowo yang merupakan mantan Sekretaris Daerah.

Sementara jika dilihat dari partai politik, Partai Nasional Indonesia (PNI) sempat dua periode berkuasa dengan Gubernurnya Suwiryo, Masyumi pernah berkuasa selama satu periode dengan Gubenur Sjamsuridjal, Parta Demokrat berkuasa satu periode pada masa Foke, PDIP sempat mencicipi ketika Jokowi menjadi Gubernur, pun juga Gerindra, sebelum akhirnya Ahok memutuskan keluar dari Gerindra. (Berbagai Sumber/RR/KbN)

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password