breaking news New

Kronologi Hilangnya Prajurit TNI di Hutan Riau 

Pekanbaru, kabarnusantara.net – Salah satu anggota TNI AD tiba-tiba hilang saat melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Riau. Belum tahu pasti ke mana hilangnya prajurit tersebut.

Hilangnya prajurit TNI AD itu, dibenarkan Kepala Staf Komandao Resor Militer (Kasrem) 031 Wira Bima-Riau, Kol CZI I Nyoman Parwata.

“Iya benar, satu orang anggota kita hilang di tengah hutan. Dia merupakan anggota Den Rudal yang bermarkas di Dumai. Prajurit yang masih lajang ini hilang saat melakukan tugas pemadaman kebakaran hutan dan lahan,” kata I Nyoman.

Anggota TNI ini hilang di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Anggota TNI ini hilang dari pantauan tim sejak Kamis (18/8) sore.

I Nyoman menceritakan, bahwa sore itu 5 anggota TNI akan kembali ke Posko. Dalam perjalanannya, tiba-tiba anggota TNI Den Rudal hilang.

“Kita belum tahu pasti keberadaannya sekarang. Tapi yang jelas tim sudah berusaha melakukan pencarian,” kata I Nyoman.

Berikut ini kronologi hilangnya prajurit TNI seperti dilansir detikcom. 

1. Pukul 14.30 tim Karlahut Denrudal akan menggantikan alat pemadaman api dengan mesin yang lebih besar agar dapat menjangkau lebih jauh, sehingga mesin yang digunakan ukuran lebih kecil, hand Traker, diganti.

Saat Pratu Wahyudi (anggota Denrudal yang hilang) akan mengambil selang kecil yang tidak digunakan ke dalam hutan, dia terjebak asap tebal. Pratu Wahyudi diduga bingung mencari arah kembali sehingga tersesat.

2. Pratu Wahyudi melaksanakan pemadaman bersama dua rekannya dari Den Rudal di Koordinat N 2°3’21.0024″, E 100°54’27.1764″. Kampung Medan RT 005 RW 002 Kepenghuluan Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko, Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil.

3. Pada pukul 14.45 WIB saat kedua rekannya mengecek sumber air dan selang, Pratu Wahyudi izin kepada rekannya untuk melihat titik api yang akan dipadamkan (100 m dari sumber air).

4. Kira-kira 50 m Pratu Wahyudi meninggalkan sumber air, rekan-rekannya sudah tidak melihat keberadaannya. Lantas diupayakan untuk menelepon prajurit yang hilang tadi. Dalam percakapan telepon, Wahyudi mengaku berada di dekat pohon besar (berjarak 100 dari sumber air).

Kemudian rekan-rekannya bersama Danramil 01/Bangko Mayor Inf Edianto segera mencari ke pohon besar seperti yang disampaikan.

5. Setelah mencari di seputaran pohon besar tersebut namun tidak ditemukan. Rekan-rekan korban menelpon kembali. Korban mengatakan bahwa dirinya di sawit-sawit kecil yang terbakar. Jaraknya 100 meter dari pohon besar.

6. Setelah di cari di sawit-sawit yang terbakar namun tidak ditemukan. Kembali melakukan dialog dengan telepon seluler. Dijawab korban berada di sawit-sawit yang tidak terbakar. Dilakukan kembali pencarian di lokasi yang dimaksud namun tidak ditemukan juga.

7. Kemudian rekan-rekanya kembali menghubungi. Terdengar suara mesin alat berat yang tengah bekerja sehingga sulit berkomunikasi.

8. Kemudian hilangnya prajurit TNI ini dilaporkan rekannya ke tim lain termasuk Bupati Rohil dan Dandim Rohil.

9. Pukul 17.00 WIB seluruh jajaran Satgas Karlahut, Pemda Rohil, masyarakat Kampung Medan langsung melaksanakan pencarian hingga saat ini namun masih juga belum ditemukan.

Kasrem O31 Wira Bima Riau, Kol I Nyoman membenarkan hilangnya prajurit tersebut. Masyarakat pun mengaitkan masalah tersebut dengan cerita mistik. (Hip/KbN)

6 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password