breaking news New

Direstorasi, “Tiga Dara” Sudah Bisa Dinikmati

Jakarta, kabarnusantara.net – Pernah menjadi film laris pada masanya, film tempo dulu “Tiga Dara” secara resmi ditayangkan kembali di bioskop-bioskop seluruh Indonesia sejak 11 Agustus 2016. 

Film drama musikal yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1956 ini menceritakan kehidupan tiga saudara yaitu Nana, Neni, dan Nunung yang masing-masing diperankan oleh Mieke Wijaya, Indriati Iskak, dan Chitra Dewi. Dalam film tersebut diceritakan bahwa ketiga saudara ini hidup dengan sang nenek yang diperankan oleh Fifi Young dan bersama ayah mereka yang diperankan oleh Hassan Sanusi. 

Konflik pun dimulai ketika sang nenek mencarikan jodoh untuk si sulung, Nunung. Namun, perjodohan ini ternyata membawa masalah baru bagi ketiga saudara karena calon suami yang dijodohkan oleh sang nenek menjadi rebutan. Dari sinilah, kisah tiga dara dimulai untuk menyelesaikan konflik yang diakibatkan pejodohan sang nenek.

Pada masanya, film yang disutradarai Usmar Ismail ini menjadi film legendaris dan juga mendapatkan penghargaan Festival Film Indonesia 1960. Setelah sekian lama, akhirnya film ini direstorasi kembali yang dilakukan di L’Immagine Ritrovata, Italia selama delapan bulan.

Untuk diketahui, restorasi adalah proses mengembalikan atau memulihkan kepada keadaan semula. Adapun tujuannya untuk mengembalikan kualitas gambar dan suara dari sebuah film sehingga lebih tajam, jernih, dan bersih. (Afim/Hip/KbN)

146 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password