breaking news New

Indonesia Dukung Penyelesaian Sengketa Perbatasan Timor Leste

​Jakarta, Kabarnusantara.net – Pemerintah Indonesia mendukung penyelesaian sengketa perbatasan antara Timor Leste dan Indonesia, serta sengketa perairan antara Indonesia, Timor Leste dan Australia yang minggu depan akan disidangkan di Mahkamah Internasional Den Haag, Belanda.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto melakukan pertemuan dengan mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao di Restoran Bunga Rampai, Menteng Jakarta Pusat, Minggu (21/8) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Wiranto juga mengaku banyak membahas kerja sama antarkedua negara. Baik hukum, ekonomi, dan batas negara yang masih bermasalah.

“Beliau (Xanana) datang sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan dan Investasi, saya sebagai Menko Polhukam membincangkan hal-hal penting di antara kedua negara. Ini (sengketa perbatasan) tidak bisa langsung selesai, ya bertahap. Tapi dengan Indonesia sudah ada satu pemahaman mendalam untuk menyelesaikannya dalam waktu singkat,” kata Wiranto.

Di kesempatan yang sama, Xanana menjelaskan, Pemerintah Timor Leste akan langsung bertolak ke Pangadilan Internasional Den Hag Belanda terkait sengketa batas, termasuk batas maritim dengan Australia. 

“Kita membahas banyak kedua negara. Minggu depan saya akan ke Belanda berunding di sana,” ucapnya. (Berbagai Sumber/RR/KbN)

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password