breaking news New

Shollahuddin : Target Besar ISIS

​Jakarta, Kabarnusantara.net – Peneliti gerakan radikalisme dari Universitas Indonesia (UI) Shollahuddin mengemukakan cita-cita besar dari kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) adalah membentuk negara Islam di Asia Tenggara. Negara itu meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand.

“Target besar mereka untuk Asia Tenggara adalah mendirikan negara islam di kawasan ini. Kita harus waspada akan gerakan mereka,” kata Shollahuddin dalam seminar bertema Radikalisme dan Terorisme di Jakarta Pusat, Senin (22/8).

Ia menjelaskan dari beberapa negara tersebut, yang cukup berhasil adalah di Filipina. Di negara tersebut, mereka berhasil membentuk propinsi tersendiri yaitu Mindanao. Kekuatan mereka juga cukup banyak di wilayah tersebut.

Untuk Indonesia, dia tegaskan ISIS kurang mendapat tempat. Malah akhir-akhir ini, kehadiran ISIS di Indonesia sudah sangat terjepit dan lemah.

“Kekuatan mereka sudah terpecah. Jika ada yang mau menyatukan mereka di Indonesia, itu tidak berhasil karena mereka terpecah-pecah,” tuturnya.

Meski belum berhasil mencapai cita-citanya, dia mengingatkan ISIS tidak akan tinggal diam. Mereka masih terus konsolidasi. Berbagai aksi-aksi kekerasan bukan tidak mungkin akan tetap mereka lakukan.

Pada kesempatan itu, dia memuji upaya pemerintah terhadap penanganan teroris. Menurutnya, sejauh ini sudah berhasil. Dua pendekatan dilakukan yaitu penegakan hukum (hard approach) dan program deradikalisasi (soft approach). Upaya-upaya tersebut diharapkan akan terus dilakukan agar gerakan radikalisme tidak mendapat tempat di negara ini.(Berbagai Sumber/RR/KbN)

14 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password