breaking news New

Melchias Mekeng Pesimis Terhadap Target Tax Amnesty Tahun Ini 

Jakarta, kabarnusantara.net – Ketua Komisi XI DPR RI, Melchias Marcus Mekeng tidak yakin pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mampu merealisasikan target penerimaan negara dana dari program tax amnesty tahun ini sebesar Rp 165 triliun. Mekeng malah memprediksi target sampai akhir tahun hanya mencapai Rp 20 triliun.

“Akhir tahun bisa dapat Rp 20 triliun. Itu juga sudah bagus,” kata Mekeng usai dikukuhkan menjadi Ketua Komisi XI di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (23/8).

Ia menjelaskan angka Rp 20 trilun berdasarkan hasil selama satu bulan setelah UU tax amnesty disahkan. Sampai saat ini, baru sekitar Rp 1 trilun yang bisa didapat dari kebijakan tersebut. Sementara sisa waktu hingga Desember tinggal empat bulan. Dalam jangka waktu yang singkat tersebut, akan sulit mencapai target sebesar Rp 165 trilun jika tiap bulan hanya dapat Rp 1 trilun.Dia menegaskan jika target yang ditetapkan tidak tercapai akan menganggu pada ketersediaan APBN. Pasalnya, salah satu andalan pemerintah untuk menutup defisit anggaran saat ini adalah dari tax amnesty.

Menurutnya, penerimaan yang masih jauh dari harapan itu karena sosialisasi yang masih kurang dari pemerintah. Di sisi lain, ada perbedaan cara sosialisasi di tingkat pusat dan di daerah-daerah. Kalau di pusat, sosialisasinya baik, mudah dimengerti dan membangun semangat para wajib pajak untuk membayar.

Sementara di daerah, sosialisasi memakai ancaman. Jika tidak membayar akan dikenakan sanksi.

“Kalau di daerah itu mereka menyampaikan sosialisasi ada kesan mereka mengancam. Kalau kamu enggak ikut ini saya akan tangkap, kena hukuman segala macam. Akibatnya orang takut ikut tax amnesty karena merasa diancam,” tutur mantan Ketua Banggar DPR ini. (OBI/KbN)

155 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password