breaking news New

Tengkorak T-Rex Raksasa Ditemukan di Amerika

Montana, Kabarnusantara.net – Tim ahli purbakala atau paleontologist dari University of Washington (UW) belum lama ini menemukan tengkorak dinosaurus pemakan daging Tyrannosaurus rex atau T-Rex, yang usianya diperkirakan mencapai 66,3 juta tahun.

Tim tersebut dipimpin oleh profesor biologi UW Greg Wilson yang menggali di area Hell Creek Formation, Montana — wilayah yang terkenal karena banyaknya fosil dinosaurus.

Tengkoraknya saja sepanjang 4 kaki atau 1,2 meter, dengan berat 1,5 ton sebelum unsur bebatuannya dibuang.
Selain tengkorak, para ilmuwan yang terlibat memperkirakan sekitar 20 persen tulang belulang T-rex tersebut telah ditemukan, termasuk tulang belakang, tulang rusuk, bagian rahang, bagian pelvis, dan tulang paha. Mereka menyatakan optimistis akan menemukan lebih banyak tulang lagi di lokasi penggalian.

“T-rex adalah salah sati dinosaurus pemakan daging terbesar yang pernah hidup di bumi. Dengan panjang rata-rata 40 kaki (12 meter) dan tinggi 15 – 20 kaki (4,6 – 6,1 meter), T-rex adalah predator ganas dengan rahang besar bergerigi,” bunyi pernyataan UW.

Tengkorak itu dibungkus gips seperti perlakuan pada cedera tulang patah untuk perlindungan ketika dikirim ke Burke Museum, Seattle. Proses membersihkan bebatuan diperkirakan memakan waktu satu tahun atau lebih.

Dengan temuan ini, terdapat 15 fosil T-rex yang nyaris utuh di seluruh dunia. Fosil T-rex ke-15 ini diberi “Tufts-Love Rex” sebagai penghormatan atas dua paleontologist Luke Tufts dan Jason Love yang pertama kali menemukannya pada ekspedisi tahun 2015.

Diperkirakan T-rex ini mati pada umur 15 tahun.(RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password