breaking news New

Disebut ‘Sastrawan’ di Buku Pelajaran, Raditya Dika Tuai Kontroversi

Jakarta, Kabarnusantara.net – Nama Raditya Dika tengah hangat dibicarakan di media sosial. Pria yang akrab disapa Dika ini menuai kontroversi usai foto dan namanya disandingkan dengan sejumlah sastrawan di buku pelajaran.

Dilansir dari brilio.net. Hal ini bermula dari postingan akun Facebook milik Encep Abdullah Pontang. Ia mengunggah foto buku pelajaran kelas VII. Disitu tampak jelas Dika disandingkan dengan Asma Nadia, Andrea Hirata, Seno Gumira dan Dewi Lestari. 

“Soal dalam buku ini (kelas VII kurikulum 2013): Amatilah gambar sastrawan berikut! Tulislah nama sastrawan tersebut dan salah satu karyanya! Anjiir… Sejak kapan Radit jadi sastrawan. Wah, kalau ketahuan Saut Situmorang, gimana ya? Apakah kasusnya akan seperti kasus Denny J.A. yang kontroversial itu. Aih,” tulisnya di Facebook. 

Di dalam gambar tersebut, foto Raditya Dika bersanding dengan Asma Nadia, Andrea Hirata, Seno Gumira, dan Dewi Lestari.

“Penulis buku pelajaran salah membedakan antara penulis dengan sastrawan. Aku kira seharus ditulis penulis, bukan sastrawan. Kata ‘sastrawan’ terasa adiluhung,” sanggah Muhzen Den. 

Jika melihat definisi sastrawan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tersebut diartikan sebagai ahli sastra; pujangga; pengarang prosa dan puisi; (orang) pandai-pandai; cerdik cendekia;. 

Kalau menurut kamu gimana? Apakah kamu setuju jika Raditya Dika disebut sebagai sastrawan Indonesia? (Sumber brilo.net/RR/KbN)

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password