breaking news New

Jenderal Tito Ajak Polisi Tinggalkan Budaya Kekerasan

Jakarta, kabarnusantara.net – Jenderal Tito Karnavian mengajak polisi di seluruh Indonesia untuk segera meninggalkan budaya kekerasan. Perlakuan keras terhadap masyarakat bisa menimbulkan konflik ketika muncul perlawanan. 

Ajakan itu disampaikan Jenderal Tito menyusul tindakan pembakaran Markas Kepolisian sekelompok orang di Sektor Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua kemarin. 

“Ini (kekerasan) tak boleh lagi melekat sebagai budaya Polri,” kata Tito saat ditemui di lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Minggu (28/8).

Ia mengingatkan kembali, sejak awal menjabat sebagai Kapolri dirinya telah meminta agar polisi mengedepankan sisi kemanuasian saat berhadapan dengan masyarakat. Tito menyayangkan, instruksi itu belum diterapkan dengan baik.

Untuk mencegah aksi serupa di kemudian hari, Tito mengaku telah menjadwalkan kunjungan ke sejumlah kantor kepolisian hingga tingkat sektor untuk menyampaikan instruksi serupa.

“Arahan saya sepertinya baru sampai di tingkat kepolisian daerah dan kepolisian resor saja,” katanya seperti dikutip cnn.com

Tak hanya itu Tito juga meminta anak buahnya untuk meninggalkan budaya korupsi dan arogan. Menurutnya, Polri harus kembali merebut kepercayaan publik sebagai institusi yang bersih dan humanis.

“Memang menyamakan persepsi 430 ribu orang (personel Polri) tidak gampang. Membutuhkan waktu,” ujarnya.

Pembakaran Polsek Sugapa menurut Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw, berawal saat sekelompok pemuda mabuk melakukan aksi pemblokiran jalan. Saat jalan diblokir melintas anggota Brimb Polda Bantuan yang tengah diperbantukan.

Saat itulah terjadi insiden hingga berujung pada lepasnya tembakan peringatan. Belakangan diketahui tembakan menewaskan seorang remaja berusia 15 tahun, Etinus Songgonau. Tewasnya remaja ini membuat warga mengamuk dan membakar Polsek Sugapa. (Hip/KbN)

155 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password