breaking news New

Tips Agar Tetap Fokus dan Produktif dalam Bekerja

Kabarnusantara.net – Produktivitas dan fokus merupakan dua hal yang berbeda, akan tetapi keduanya memiliki hubungan dalam beberapa hal. Ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan agar produktif, dan salah satunya adalah fokus. Akan tetapi, dalam kegiatan sehari-hari atau saat kita bekerja, tidaklah mudah mempertahankan fokus, karena seringkali ada saja gangguan yang dapat dielakkan maupun tidak terelakkan, baik internal maupun eksternal.

Jadi, dalam artikel ini, produktifitas merupakan tujuan utama yang ingin dicapai. Dengan adanya 2 macam gangguan yang mungkin dihadapi, maka cara satu-satunya agar kita dapat lebih produktif adalah dengan menangani gangguan yang dapat dihindari. Karena fokus merupakan salah satu hal utama yang mempengaruhi kualitas dan efektivitas kerja, maka ada baiknya Anda tahu bagaimana mempersiapkan diri dan mengantisipasi hal-hal yang dapat dihindari yang lebih bersifat internal atau dari dalam diri. Berikut ini beberapa saran untuk membantu Anda mencapai produktivitas dan fokus yang optimal:

1. Cukup Tidur

Di dunia yang serba sibuk ini, kebanyakan orang yang bekerja memiliki jam tidur yang tidak memadai. Mungkin tidur agak larut malam atau tidak memiliki kualitas tidur yang baik sehingga pada pagi hari tubuh kurang bergairah dan malas. Tidur cukup sangat diperlukan, karena hal ini dapat membuat tubuh Anda segar dan tentunya berkinerja baik. Dengan rutin pada jadwal tidur yang tepat, maka tubuh akan terhindar dari stres, meningkatkan kemampuan daya ingat, dan membantu produktivitas Anda.

2. Pertahankan kebiasaan makan yang benar dan konsumsi makanan sehat

Anda tidak bisa memberikan perhatian penuh atau fokus di tempat kerja ketika tubuh terasa sakit. Hal ini terutama jika Anda sedang lapar. Maka kebiasaan sarapan pagi sangat penting. Kita cenderung makan apa saja sewaktu kita sedang lapar dan waktunya tidak tepat. Alhasil kita mencari sesuatu yang penting bisa membuat perut kenyang dan puas. Jadi, sebelum berangkat kerja pastikan Anda makan makanan sehat, dan setelahnya juga pastikan makan dan minum yang sehat dengan demikian metabolisme tubuh stabil. Saat makan siang tidak perlu terlalu keyang agar tidak mengantuk, dan waktu malam hari sebaiknya tidak makan terlalu larut, agar tidak membuat Anda kelebihan berat badan.

3. Buat Prioritas Tugas-tugas Anda

Tidak selalu dapat fokus pada apa yang penting bisa jadi karena Anda tidak sepenuhnya yakin atas apa yang menjadi prioritas Anda. Jadi, sangat bagus untuk memprioritaskan tugas-tugas berdasarkan target Anda. Misalnya target Anda untuk minggu ini adalah untuk membuat laporan survey. Pertama, membuat daftar dari apa yang perlu dilakukan, maka mengklasifikasikan dan mengatur tugas-tugas sesuai dengan tingkat prioritas. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan ketika memprioritaskan tugas-tugas.

4. Tetapkan batas waktu (deadline)

Waktu adalah salah satu sumber daya kita yang paling berharga, dan kita semua tahu bahwa waktu bisa terasa langka ketika kita sudah dikejar deadline. Inilah sebabnya mengapa kita harus dapat menangani waktu dengan bijak dan tepat. Katakanlah Anda diminta untuk menyelesaikan tugas minggu depan. Jangan menunggu sampai hari atau menit-menit terakhir. Karena sesuatu yang dilakukan secara terburu-buru hasilnya bisa jadi seadanya atau kurang maksimal. Ada kata-kata bijak mengatakan ”Rencana orang yang rajin pasti mendatangkan keuntungan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa pasti menuju kekurangan.” Bagaimana menurut Anda?

5. Ambil istirahat sejenak

Jika Anda mengalami jalan buntu, cobalah ambil istirahat sejenak. Istirahat sejenak bisa membantu Anda fokus kembali pada pekerjaan. Selain itu ini merupakan kesempatan bagi Anda untuk meninjau dalam hati tentang apa yang sedang Anda lakukan. Seringkali ide segar muncul saat kita istirahat. Istirahat sejenak ini bisa tidur siang 30 menit, membersihkan meja Anda, atau mengambil waktu rileks dengan berjalan-jalan di sekitar taman.

6. Hindari gangguan

Seperti dikemukakan terdahulu bahwa cara untuk fokus bekerja di kantor adalah dengan menghindari gangguan. Kadang-kadang saat kita benar-benar sibuk dan jadwal padat, gangguan seolah-olah siap menyerang dari segala penjuru. Bergosip adalah skenario umum di kantor. Siapa yang gak ingin menyempatkan diri meninggalkan meja kerja untuk ngobrol beberapa saat di kantor? Maka penting sekali untuk mengingatkan diri Anda bahwa ada waktu dan tempat untuk itu. Gangguan kerja lainnya adalah panggilan telepon, media sosial, dan kebisingan. Mengambil langkah-langkah untuk menghindari gangguan seperti ini dapat membantu Anda untuk fokus pada pekerjaan.

7. Berolahraga secara teratur

Rutin berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi tubuh saja tetapi juga pikiran. Olahraga yang teratur dan cukup dapat meningkatkan mood dan meningkatkan energi Anda. Seperti kita semua tahu, orang yang bekerja mendapat banyak tekanan dari pekerjaan. Maka olahraga rutin Anda sendiri membantu stamina Anda kuat sehingga fokus saat melakukan pekerjaan.

8. Buat daftar tugas, kegiatan atau acara

Daftar tugas merupakan hal kecil tapi sangat powerfull. Orang-orang yang produktif pasti setuju dengna hal ini. Kategori daftar biasanya termasuk tugas, peristiwa, dan catatan untuk mendukung tujuan Anda setiap hari, mingguan, atau bulanan. Buatlah beberapa daftar yang dapat disusun dalam berbagai kategori. Hal ini dapat membantu Anda menjadi lebih efektif untuk mempertahankan fokus Anda pada hal-hal yang harus diselesaikan. Sudahkah Anda mencobanya.(***)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password