breaking news New

Menulis, “Senam Otak” di Pagi Hari 

Kabarnusantara.net – “Jikalah engkau merasa berkesulitan dalam tulis-menulis, cobalah meritualkan diri untuk secara rutin menulis di setiap pagi.”

Membiasakan menulis setelah bangun pagi adalah senam otak yang sempurna seperti yang disarankan oleh AS Laksana, seorang Sastrawan dan Kritikus Sastra. Latihan ini berguna sekali untuk melatih kelancaran menulis. Apapun yang terlintas dipikiran bisa digunakan untuk bahan menulis. 

“Setiap bangun tidur saya mendisiplinkan diri menulis sebanyak-banyaknya di atas lembaran kertas.”

“Dengan membiasakan diri seperti ini otak saya terasa lebih segar, ya seperti senam otak”.

Aktifitas menulis yang dimaksud bukanlah menulis di laptop atau komputer melainkan dengan tangan di atas lembaran-lembaran kertas. 

Tentang waktu menulis di pagi hari ini mengingatkan juga kepada banyak orang yang melakukan hal yang sama. Seorang dosen IAIN Raden Intan Lampung, Dr. Achlami, M Ag. Saat berbincang santai, beliau bercerita bagaiman beliau menulis disertasi.

“Setiap selesai shalat Tahajud sekitar jam 3 pagi, saya mulai menulis disertasi. Subuh istirahat untuk salah jamaah, lalu saya lanjutkan lagi setelah salat sampai jam 6. Hal ini saya lakukan rutin setiap hari. Alhamdulillah, disertasi dapat saya tulis tidak sampai setahun. tetapi data-data dan referensinya seudah tersedia. Jadi menulisnya itu setiap pagi”.
Nikmatnya menulis di pagi hari. 

Mengutip sebuah bacaan dari The Power Of Writing karya Ngainum Naim tentang nikmatnya menulis di pagi hari, berikut cuplikan tulisan beliau:

“Setiap penulis memiliki waktu produktif untuk menulis. Ada yang menulis saat malam sunyi, ada yang produktif di pagi hari, di sore hari, petang, dan ada yang produktif di banyak kesempatan. Penulis yang memiliki hasrat menulis yang kuat tentu akan memanfaatkan waktu produktifnya untuk menghasilkan karya yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat luas”.

Dari berbagai pengalaman di atas baik dari penulis dan riset, secara tidak langsung membuktikan keefektifan kenikmatan menulis di pagi hari.

Semoga saja menulis adalah passion yang hadir dalam diri kita masing- masing dan mungkin bisa menemukan apa yang selama ini kita cari-cari.

Meski masih pemula, tapi alangkah baiknya kita mencoba di waktu yang pas dan mungkin kita bisa mencobanya di pagi hari, jika terus belajar dan belajar tidak menutup kemungkinan kita juga bisa seperti mereka yang berhasil menerbitkan sebuah buku entah itu novel, kumpulan cerpen, tips-tips, atau mungkin sebuah catatan perjalanan dalam buku harian. 

Semua harus ditulis. Apapun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna. (Pramoedya Ananta Toer) (Berbagai sumber/RR/KbN)

151 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password