breaking news New

Wanderley Santos Pemain Asing Berpaspor Indonesia

Jakarta, Kabarnusantara.net – Kemunculan pemilik nama lengkap Wanderley Santos Monteiro Junior memang mengejutkan banyak pihak, terutama bagi penikmat sepak bola tanah air. Apalagi jika melihat statistik penampilan pemain berusia 27 tahun selama tampil bersama Al Nasr.

Pemain bernomor punggung 9 itu diketahui merupakan mesin gol Al Nasr dimana ia telah mencetak 26 gol dari 34 pertandingan. Dia bahkan menerima gelar Player of The Week Liga Champions Asia.

Wanderley berpaspor Indonesia. Tapi dari manakah status kewarganegaraan Wanderley didapat ?

Seperti diketahui Wanderley Santos tidak pernah tinggal di Indonesia, bahkan tidak pernah merumput di Indonesia. Apakah status kewargaan Wanderlay didapat ilegal atau legal.

Ketika disinggung apakah Kemenpora sudah tahu mengenai kabar tersebut, pria yang akrab dengan kacamatanya itu menjawab baru tahu dari media. “Kemenpora belum tahu sebelumnya, saya tahunya dari media,” jelas Gatot.

Gatot Dewa Broto menyikapi status kewarganegaraan Wanderley Santos dengan santai. Menurutnya, PSSI bisa menggunakan jasa pemain kelahiran Campinas, Brasil, 11 Oktober 1988 itu saat timnas Indonesia tampil di Piala AFF 2016, November mendatang.

Jika benar Wanderley secara legal mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, ini bisa jadi kabar bagus bagi timnas Indonesia. Karena secara kualitas, pemain yang masih berusia 27 tahun ini merupakan penyerang tajam untuk level Asia.

Dikatakannya, dengan catatan paspor yang dimiliki Wanderley sah. “Kalau memang sah paspornya, ya harus dimanfaatkan PSSI,” singkat Gatot.

Wanderley pernah membela dua kesebelasan besar Brasil, Cruzeiro dan Flamengo. Menurut Transfermarkt, Cruzeiro memboyong Wanderley dari Ponte Preta saat masih berusia 21 tahun dengan nilai transfer lebih dari 250 ribu paun (lebih dari 4 miliar rupiah). Kemudian Al-Arabi pun harus menggelontorkan biaya transfer lebih dari dua juta paun (sekitar 37 miliar rupiah) untuk memboyongnya pada 2011 dari Flamengo.

Di Liga Qatar, Wanderley mencetak 14 gol dari 26 penampilan. Bersama Al-Sharjah di Liga UAE, Wanderley mencetak 48 gol dari 68 penampilan. Sementara untuk level Asia, Qatar dan UAE jelas termasuk level elit, karena penyerang sekelas Mirko Vucinic, Moussa Sow, Jefferson Farfan, Balazs Dzsudzsak dan Ishak Belfodil juga bermain di liga ini.

Meskipun begitu, Transfermarkt justru menyebutkan bahwa Wanderley pernah sekali membela timnas Qatar. Jika benar demikian, dan benar Wanderley berpaspor Indonesia, ia tidak bisa bermain untuk timnas Indonesia karena pernah membela timnas Qatar. Walau begitu, status WNI Wanderley masih tetap harus dipertanyakan.(RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password