breaking news New

Komite IV DPD RI Tetapkan 8 Calon Anggota BPK

Jakarta, kabarnusantara.net – Setelah melakukan fit dan proper test selama 3 hari pada tanggal 29-31 Agustus 2016 terhadap calon anggota BPK, komite IV DPD RI akhirnya menetapkan 8 Calon yang paling layak diprioritaskan. 

Dari 24 nama yang disodorkan, DPD RI menetapkan 8 nama yang diprioritaskan, diantaranya; 

1. Dr. Anggito Abimanyu, M.Sc. 

2. Prof. Indra Bastian, Ph.D., MBA., CA., CMA., Mediator. 

3. Dr. Tubagus Haryono, S.Si., SE, MM., Ak. 

4. Prof. Dr. Emita Wahyu Astami, MBA., Akuntan. 

5. Ahmad Yani, SH, MH. 

6. Prof. Bahrullah Akbar, MBA., CIPM. 

7. Johanes Widodo Hario Mumpuni, SE., MBA. 

8. Muhammad Yusuf Ateh, Ak., MBA. 

Nama-nama tersebut nantinya akan diserahkan ke DPR untuk dipilih menjadi anggota anggota BPK RI Periode 2016-2021. 

Pertimbangan yang dilakukan DPD RI ini sesuai dengan Amanat Pasal 23F ayat (1) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa anggota Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dan diresmikan oleh Presiden. 

Dalam Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan disebutkan bahwa anggota BPK RI dipilih oleh DPR RI dengan memperhatikan pertimbangan DPD RI. Pertimbangan tersebut disampaikan secara tertulis dengan memuat semua nama calon secara lengkap dan diserahkan kepada DPR RI dalam jangka waktu paling lama 1 (satu) bulan terhitung sejak tanggal diterimanya surat permintaan pertimbangan dari Pimpinan DPR RI. 

Adrianus Garu, Anggota Komite IV DPD RI asal NTT, menilai 8 (depalan) calon yang ditetapkan berkompeten untuk berada di BPK. 

“Itu yang sudah diputuskan oleh DPD dan sangat kompeten. Kita berikan pertimbangan ke DPR, selanjutnya DPR putuskan dari 8 nama ini siapa yang masuk 4 besar,” Kata Adrianus saat dihubungi di Jakarta. (Martin/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password