breaking news New

Bogor Tak Pantas Jadi Kota Layak Anak

Jakarta, Kabarnusantara.net – Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan Bogor tak patut menjadi kota layak anak menyusul terjadinya kasus prostitusi anak dalam jaringan (daring) yang terjadi di kota itu.”Bogor tidak layak anak menjadi kota layak anak, karena banyak kasus prostitusi,” ujar Arist usai peluncuran program makan sehat untuk anak PAUD yang diselenggarakan Sarihusada di Jakarta, Jumat (2/9).

Dia mengatakan penobatan kota layak anak hanya bentuk perlombaan saja, bukan masuk dalam agenda pembangunan di kota itu.

Dalam kesempatan itu, Arist mengucapkan terima kasih kepada kepolisian yang berhasil mengungkap kasus prostitusi yang melibatkan 99 anak laki-laki tersebut.

Sebagian besar usia anak yang menjadi korban adalah 14 hingga 17 tahun.

“Sebenarnya kasus ini sudah diketahui sejak dua tahun yang lalu, yang mana bermula dari kasus prostitusi online di Apartemen Kalibata kemudian kos-kosan di Tebet.” Arist mengharapkan anak harus dilihat sebagai korban dari praktik perdagangan manusia.

Anak yang menjadi korban tersebut tidak hanya berasal dari wilayah Bogor saja, tetapi juga dari Lampung, Tangerang dan Jakarta.

“Kasus ini harus dilihat sebagai kasus perdagangan manusia, yang mana anak menjadi korban,” tukas dia.

Dia mengharapkan pihak kepolisian membongkar kasus tersebut dan menelusuri siapa saja yang menjadi korban dalam prostitusi daring itu.

Ke depan, dia berharap kasus serupa tidak terjadi lagi.

Sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri membongkar praktik prostitusi gay daring yang melibatkan anak di bawah usia.

Polisi mengamankan AR (41) yang menawarkan anak berusia kurang dari 18 tahun bagi kaum gay melalui jaringan internet.

Anggota Subdirektorat Cyber Crime Bareskrim Polri juga mengamankan tujuh orang terdiri dari enam anak dan seorang lainnya berusia 18 tahun.(RR/KbN)

30 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password