breaking news New

DPR Terima Surat Pengusulan Budi Gunawan Sebagai Calon Kepala BIN

Jakarta, Kabarnusantara.Net – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat  Republik Indonesia (DPRRI)telah menerima surat usulan pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Presiden Joko Widodo.  Surat tersebut diantarkan oleh Menteri sekretaris Negara, Pratikno pada Jumat 2 September 2016.

Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang kini menjabat Wakil Kepala Polri diusulkan  oleh  Presiden Jokowi untuk memimpin BIN menggantikan Sutiyoso.

“Jadi, Kepala BIN diusulkan nama baru, yaitu Pak Budi Gunawan. Proses selanjutnya di DPR karena harus ada pertimbangan dari DPR,” ujar Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

Sementara itu, Ketua DPR  Ade Komarudin memastikan pihaknya akan segera memproses surat pergantian tersebut.  Pimpinan DPR akan menentukan jadwal rapat membahas usulan tersebut dan melimpahkannya ke komisi terkait untuk melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan.

“Sesuai mitranya, tentu Komisi I akan kami tugaskan,” kata Ade.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 17  Tahun 2011 tentang Intelijen Negara, kepala BIN diangkat dan diberhentikan presiden setelah mendapat pertimbangan DPR. Untuk mengangkat kepala BIN, Presiden harus mengusulkan satu orang calon kepada DPR.

Pertimbangan DPR itu disampaikan paling lambat 20 hari kerja sejak surat permohonan pertimbangan calon kepala BIN diterima DPR dari Presiden. Artinya, DPR tidak menyetujui atau menolak calon yang diajukan Presiden, tetapi sekadar memberi catatan dan pertimbangan.

Dari sisi Karir Budi Gunawan  pernah menjadi ajudan Presiden pada 2001-2004. Lalu menjadi Karobinkar SSDM Polri (2004-2006), Kaselapa Lemdiklat Polri (2006-2008), Kapolda Jambi (2008-2009), Kadiv Binkum Polri (2009-2010), Kadiv Propam Polri (2010-2012). Setelah itu, Budi Gunawan diangkat menjadi Kapolda Bali (2012), Kalemdiklat Polri (2012-2015), dan menjadi Wakapolri (2015-Sekarang). (RPS-KbN)

 

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password