breaking news New

Handphone Anda Terkena Air ? Simak Tips ini !

Kabarnusantara.net – Di antara peralatan – peralatan elektronik, handphone bisa menjadi salah satu yang Sering terkena air. Apabila salah cara menanganinya, salah- salah smartphone kita yang terendam air bisa rusak. Tapi jangan panik, ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut. 

Inilah beberapa tips dan trik untuk menangani handphone yang terendam air.

1. Jangan panik dan segeralah ambil handphone Anda

Smartphone dibuat dengan rapat. Maka itu ketika kita hendak mengganti SIM Card ataupun memori, seringkali kita perlu menggunakan sesuatu yang tajam / tipis.  Oleh karena itu saat handphone terjatuh atau terendam ke dalam air, sebenarnya dibutuhkan beberapa saat untuk air meresap masuk.

Selain itu, apabila handphone Anda menggunakan pelindung kondom, maka dapat semakin mengurangi kecepatan air untuk merembes masuk. Oleh karena itu, jangan panik dan segeralah ambil handphone Anda dari dalam air.

2. Jangan tergesa – gesa menyalakan smartphone Anda

Setelah mengambil smartphone Anda, segeralah matikan handphone jangan terburu karena panik, kita ingin segera menyalakan handphone kita untuk mengecek apakah handphone kita baik – baik saja. Padahal seringkali inilah yang mengakibatkan handphone rusak. Menyalakan handphone dalam keadaan basah akan menyebabkan kerusakan permanen pada kabel internal. 

3. Segera lepaskan mikrochip, baterai dan SIM card.

Setelah mematikan handphone Anda, lap sampai kering dengan menggunakan handuk atau tissue. Kemudian lepaskan pelindung baterai, baterai, mikrochip beserta SIM card Anda. Lap komponen – komponen tersebut hingga kering. Namun hati – hati jangan sampai terlalu kasar sehingga malah merusak komponen – komponen tersebut.

4. Jangan mengguncangkan terlalu sering atau terlalu keras

Nah hal inipun merupakan kesalahan yang sering terjadi. Karena terlalu bersemangat hendak menyelamatkan handphone kita, kita mengguncang – guncang handphone kita sekuat tenaga. Pdahal hal ini bisa mengakibatkan air di dalam smartphone kita menyebar ke komponen – komponen lainnya.

5. Gunakan pengering rambut

Kipas smartphone Anda menggunakan pengering rambut. Namun metode ini perlu dilakukan dengan hati – hati.  Setel pengering rambut pada setting terendah karena jika terlalu panas malah akan merusak smartphone Anda. Juga pastikan pengering rambut tidak terlalu dekat dengan smartphone Anda dikarenakan dalam smartphone Anda terdapat ratusan komponen kecil yang sensitif terhadap panas berlebihan.

6. Gunakan vacuum cleaner kecil

Apabila tidak memiliki pengering rambut, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner kecil. Namun yang kecil loh ya, kalau yang besar nanti bisa terhisap berikut handphonenya

7. Letakkan di bawah Matahari

Jika ada matahari, sebaiknya Anda letakkan hp Anda di bawah sinar matahari langsung. Hal ini penting untuk menghilangkan uap air sebanyak mungkin.
8. Gunakan Kipas Angin

Jika hari sedang mendung dan tidak ada matahari, sebagai penggantinya, Anda bisa meletakkan handphone Anda di depan kipas angin. Fungsi ini sama dengan juga hika Anda meletakan hp Anda di bawah sinar matahari langsung, yaitu untuk menghilangkan uap air sebanyak mungkin.

9. Gunakan beras untuk menyerap air

Taruh handphone Anda dalam wadah kedap udara seperti toples kemudian isikan dengan beras. Tutup toples lalu biarkan smartphone Anda di dalam toples selama 24 jam. Mengapa menggunakan beras? Karena beras akan menarik keluar air yang tersisa di smartphone Anda.

Setelah +- 24 jam ambil smartphone Anda dari dalam toples. Jika smartphone Anda tampak seperti masih memiliki air(mengembun) di dalamnya keluarkan baterai dan tempatkan kembali di toples beras untuk 24 jam tambahan.

Itulah 9 tips yang dapat Anda lakukan apabila smartphone Anda menjadi salah satu korban air. (Sumber http://www.bp.blogspot.com/RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password