breaking news New

Kemenkum HAM Tetapkan Arcandra Tahar Sebagai WNI

Jakarta, Kabarnusantara.Net – Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), secara resmi telah mengeluarkan surat Keputusan (SK)  kewarganegaraan  Indonesia kepada Arcandra Tahar.  SK Menkum HAM itu bernomor AHU-1 AH.10.01 Tahun 2016 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Arcandra Tahar.

Hal ini sebagai kelanjutan dari persoalan status dwikenegaraan Arcandra (Amerika Serikat dan Indonesia). Saat pemeriksaan, Arcandra menyerahkan dokumen bahwa dia telah melepaskan kewarganegaraan AS per tanggal 12 Agustus 2016 dari Kedutaan AS. Itu dikuatkan dengan persetujuan Kementerian Luar Negeri AS pada tanggal 15 Agustus 2016 dengan penerbitan Certificate of Loss of Nationality dari negara tersebut.

“Maka secara resmi dia sudah kehilangan WNA Amerika sejak 15 Agustus. Kami verifikasi dan setelah kami periksa, dapat fakta kalau kami teruskan ini kan prosesnya imigrasi kirimkan ke AHU. Nah ini potensial stateless,” jelas Yasonna Laoly Menteri Hukum dan Ham Indonesia di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Arcandra sendiri telah mencabut status kewarganegaraanya dari Amerika Serikat dan menjadi warga negara Indonesia. Tdrkait hal tersebut Kementrian Hukum dan HAM Indonesia telah mengkonfirmasikanya pada kedutaan besar Amerika Serikat.

“Untuk memastikan sekali lagi, betul nggak udah hilang kewarganegaraannya. Kami kirim ke kedubes AS minta pernyataan lebih lanjut. Oleh Kedubes dikatakan sejak 15 Agustus bukan WN Amerika,” sebut Yasonna.

Surat keputusan ber tanggal 1 September 2016 itu ditandatangani oleh Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkum HAM Freddy Harris atas nama Menkum HAM.Keputusannya berbunyi sebagai berikut:

“Arcandra Tahar dilahirkan di Padang, tanggal 10 Oktober 1970, karena pertimbangan atas perlindungan maksimum, serta bersangkutan akan menjadi tanpa kewarganegaraan, tetap menjadi Warga Negara Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.” (RPS/KbN)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password