breaking news New

Ratusan Seniman Mural akan Coretkan ‘Perjalanan Kebahagiaan’ di Tembok Siliwangi

Bandung, Kabarnusantara.net –Tembok sepanjang 476 meter di Jalan Siliwangi Kota Bandung akan memiliki cerita baru. Sedikitnya 300 seniman akan mengecat tembok yang berada di seberang hutan kota Babakan Siliwangi itu selama tiga hari. 

Tema yang diusung “a Journey of Happiness’, perjalanan kebahagiaan.
Kegiatan Mural Bandung ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Bandung ke-206 sertap PON XIX dan Peparnas XV Jawa Barat 2016.

Tembok berukuran 10×2,9 meter itu akan dihiasi 47 gambar dengan tiga segmentasi yang berbeda. Pertama ‘Local Genius Bandung’ di mana tembok akan dihias dengan ciri khas Kota Bandung seperti budaya warisan sejarah, kuliner dan fashion.

Konsep kedua yakni bercerita tentang ‘Bandung Futuristik’ masyarakat akan diajak untuk berimajinasi tentang kemajuan-kemajuan Bandung di masa depan. Sementara konsep ketiga yakni ‘Bandung sebagai model alam yang lestari’. Dalam konsep itu, Bandung digambarkan sebagai kota hijau lestari, sekaligus mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungannya.

“Kegiatan mural Bandung ini inisiasi dari Ikatan Alumni TB Jabar yang bekerjasama dengan Keluarga Mahasiswa Seni Rupa (KMSR) ITB dan 20 komunitas seniman juga akademisi dari beberapa universitas di Kota Bandung,” ujar Ketua IA ITB Jabar, Arvi kepada wartawan di Babakan Siliwangi, Selasa (13/9/2016).

Relawan pelukis mural itu berasal dari 30 lebih komunitas seni kreatif yang dipandu oleh Kultura Kreative Studio, John Martono, Andhi Yudha Picu Pacu sebagai konseptor dan juga seniman mural, Chikita Fawzi.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, selain menyemarakkan HUT Bandung dan PON XIX, Mural Bandung ini juga bagian dari rencana Kota Bandung untuk mempercatik seluruh kotanya dengan mural.

Pria yang karib disapa Emil itu berharap Mural ini bisa menyampaikan kebahagiaan bagi siapa saja yang melihatnya.

“Jadi kemana pun orang melihat, akan ada pesan estetika atau puisi. Itu cara orang Bandung menjaga keseimbangan. Mudah-mudahan dengan mengusung tema ‘Journey of Happiness’ ini bisa meningkatkan kebahagiaan yang melihatnya,” ujar Emil.

Sementara itu Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobe Decorative Paints Indonesia), Jun de Dios mengatakan, untuk kegiatan ini pihaknya menyediakan sebanyak 728 liter cat untuk memfasilitasi para pemural.

“Kami sudah lama mengagumi keindahan dan pesona Kota Bandung, terutama arsitektur dan kreativitas warganya sela bertahun-tahun. Sebagai otoritas warna, hal ini merupaka aspirasi kami dalam memberikan program yang bermanfaat, kontruktid dan berwarna tanp batas untuk dinikmati oleg semu orang,” ucapnya.

Pelaksanaan Mural Bandung secara simbolis dimulai dari pengecatan tulisan ‘Cooming Soon’ oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.(RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password