breaking news New

Inovasi Baru, Koran di Jepang Bisa Jadi Tanaman

Kabarnusantara.net – Banyak kalangan yang mengatakan kalau industri media cetak, khususnya surat kabar atau koran, tengah menghadapi masa suram. Industri koran tengah lesu dan jumlah pembacanya terus menurun.

Namun, anggapan itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Di Jepang, salah satu koran tertua di negeri itu, Mainichi Shimbun, bisa mempertahankan oplah yang mencapai 4 juta eksemplar per hari.

Ini tentu kabar baik bagi industri media cetak. Inovasi dan pemanfaatan teknologi oleh Mainichi Shimbun perlu dicontoh. Bekerja sama dengan agen periklanan terbesar di Negeri Sakura, Dentsu Inc, Mainichi Shimbun menggunakan kertas daur ulang untuk mencetak berita dan informasi lain kepada masyarakat.

Seperti dikutip dari laman Lifegate.com, kertas daur ulang yang digunakan untuk membuat koran itu ternyata bisa berubah menjadi tanaman dalam beberapa pekan. Jadi, setelah pembeli puas membaca berbagai berita dan informasi lain, mereka tidak perlu langsung membuat koran tersebut.

Pembeli bisa memotong-motong koran, menimbunnya di dalam tanah, menyiram, dan merawatnya. Dalam beberapa pekan akan muncul tanaman dari tanah yang didalamnya ada Mainichi Shimbun itu.

Berkat inovasi dan teknologi itu, Mainichi Shimbun dijuluk “Koran Hijau” dan meraih sukses besar. Tidak disebutkan, berapa harga koran per eksemplarnya. Namun, yang jelas, dalam sehari koran itu meraup keuntungan sebanyak 8 juta yen atau sekitar Rp 9,5 miliar.

Mungkin, media cetak di Indonesia bisa meniru langkah Mainichi Shimbun ini. Selain bisa meraup untung besar, juga bisa turut melestarikan alam.(RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password