breaking news New

Dua Pastor di Mexico Mati Dibunuh 

Mexico, Kastra.net – Pastor Nabor Alejo José Alfredo Jimenez Juarez dan Pastor Juarez de la Cruz diculik sekelompok orang bersenjata di gereja Our Lady of Fatima di kota Poza Rica Minggu malam (18/09).

Pada Senin (19/09) sore, polisi menemukan mayat laki-laki, masing-masing, 50 dan 30 tahun di jalan, di daerah yang dikenal sebagai “Setan Curve”, di pinggiran Papantla, di negara bagian Veracruz, kurang dari 15 kilometer dari tempat mereka telah diculik.

Seorang imam yang juga diculik, berhasil melarikan diri.

Jaksa Agung (FGE) mengatakan akan menyelidiki fakta-faktadalam kasus ini dan berjanji akan memasukkan korban “ke Penyidik ​​Kejaksaan untuk bersaksi tentang fakta-fakta ini.”

FGE tidak mengatakan bahwa korban adalah imam juga tidak menjelaskan kemungkinan motif serangan itu. Sementara kepada BBC, Keuskupan Papantla mengkonfirmasi bahwa korban tersebut adalah pastor. 

Konferensi Uskup Meksiko menyatakan belasungkawa kepada keluarga dalam sebuah pernyataan dan mendesak pihak berwenang untuk “mengklarifikasi fakta dan penerapan keadilan terhadap mereka yang bertanggung jawab.”

Sekretariat Pertahanan Nasional (SEDENA) dan Sekretariat Keamanan Publik (SSP) telah memulai operasi keamanan khusus di kota Poza Rica dan Papantla, dan kota-kota terdekat lainnya dari Veracruz.

Hingga kini pelaku pembunuhan terhadap dua imam tersebut masih diselidiki dan motif pembunuhan pun belum diketahui.

Negara Mexico memang sedang menghadapi krisis ketidakamanan dan jumlah pembunuhan pada bulan Juli mencapai rekor tertinggi dengan 132 kasus, tertinggi dalam hampir dua dekade.

Serangan terhadap imam telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di Meksiko namun bukan karena penganiayaan agama tetapi konsekuensi dari kekerasan yang melanda negara itu terkait dengan perdagangan narkoba. Apalagi para Pastor adalah yang paling depan membela rakyat kecil sebagai korban peperangan aparat dengan pengedar narkoba. 

Menurut Pusat Multimedia Katolik, dari akhir 2012 hingga kasus terakhir ini, telah terjadi 13 pembunuhan dan dua penodaan agama. Totalnya, sejak tahun 1990, 52 serangan terhadap agama telah dilakukan dan lebih dari 3.000 gereja Katolik dinodai dalam dekade terakhir. (Hipatios/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password