breaking news New

Malaysia dan Indonesia Sepakati Rekrut Satu Pintu TKI

Jakarta, Kabarnusantara.net – Indonesia dan Malaysia sepakat agar perekrutan dan penempatan skill domestic worker Indonesia ke Malaysia melalui one channel system. Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan pihak Indonesia dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dengan pihak Malaysia pada tingkat pejabat senior di Kuala Lumpur Malaysia, beberapa hari yang lalu.

Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja, Hery Sudarmanto,  Rabu (21/9) malam mengatakan, kesepatan tersebut akan dijadikan modal pada pertemuan tingkat menteri kedua negara yang dilangsungkan pada tanggal 23 September 2016.

Disamping itu, pertemuan pejabat senior juga sepakat, proses negosiasi akan dipercepat agar payung hukum dalam penempatan TKI skill domestic workers dapat segera selesai. Kedua belah pihak juga concer terhadap upaya peningkatan perlindungan bagi TK dan employernya.

Menurut Hery, pada kesempatan tersebut nanti, Indonesia akan menyampaikan bawaha tahun 2017 tidak ada lagi pekerja rumah tangga (domestic worker) yang bekerja multi tasking di rumah tangga. 

“Mereka harus dikatagorikan sebagai tenaga kerja yang memiliki sertifikasi sesuai jabatan-jabatan yang ada di sektor rumah tangga,” kata dia.

Hal tersebut merupakan komitmen Indonesia dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan perlindungan TKI di semua sektor.

Pertemuan tingkat menteri, antara Menteri Ketenagakerjaan Indonesia dengan Menteri Koordinator Sumber Manusia akan berlangsung tanggal 23 September 2016, dan hasil pertemuan dimaksud akan dituangkan dalam letter on intens.(RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password