breaking news New

Merdeka Itu Ketika Semua Sadar Budaya Membaca

Kabarnusantara.net – Membaca bukan cuma mengikuti baris-baris kata. Membaca ialah upaya merekuk makna ikhtiar untuk memahami alam semesta. Itulah mengapa buku disebut jendela dunia, yang merangsang pikiran agar terus terbuka. Karena budaya membaca prasyarat jadi bangsa yang hebat.

Ada beragam cara untuk menebar benih membaca di kampung-kampung, kota- kota. 

Hal sederhana untuk manfaat yang bak gerhana. Jadilah seperti gerhana untuk generasi yang membahana.

Itulah yang mengilhami sekelompok anak- anak muda di Jakarta Selatan, bermodalkan buku- buku milik sendiri, mereka merangkul, merangsang, menarik semua kalangan untuk “Gemar Membaca”.

Bermodalkan kebersamaan dan niat berbagi mereka berkeliling dari satu taman ke taman yang lain di seputaran Jakarta Selatan.

Seperti pantauan Kabarnusantara.net Minggu (26/9), di Taman Miring, Ragunan, Jakarta Selatan. Sekelompok komunitas anak- anak muda ini, begitu antusias membuka lapak “Taman Baca”.

“Kami hanya berniat berbagi kebiasaan kepada sesama, kebiasaan yang bermanfaat, meluangkan waktu dengan membaca”, ucap Arif, koordinator komunitas.

“Kegiatan “Taman Baca” ini bersifat terbuka, siapapun dapat membaca dengan gratis tanpa dipungut biaya apapun, “lanjut Arif.

Ditanya soal kendala dalam kegiatan ini, Arif mengatakan, 

” Sebenarnya tak ada kendala yang berarti, taman- taman di Jakarta begitu banyak dan bersifat umum. Mungkin masalah yang praktis adalah ketidaknyamanan saat mencari lokasi. Ketika sudah berada di dalam taman, kami sering disuruh pindah ke sana ke mari oleh petugas taman”.

Selain kendala itu Arif pun mengeluhkan tentang kurangnya buku. Dia berharap kiranya ada kepedulian semua kalangan perihal memanfaatkan buku.

“Buku- buku hendaknya jangan dimusnahkan, sebaiknya dimanfaatkan dengan dibaca atau mungkin disumbangkan. Tak ada yang lebih merdeka selain membaca” tukasnya.(RR/KbN)

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password