breaking news New

Ratusan Karyawan Freeport Mogok Kerja

Mimika, Kabarnusantara.net – Ratusan karyawan PT Freeport Indonesia di area Grasberg Operation menggelar aksi mogok kerja sejak Rabu (28/9) hingga hari ini (2/10). Akibat aksi tersebut, proses produksi di perusahaan itu dinilai menjadi tidak maksimal. 
Kegiatan mogok kerja bertempat di area Grasberg Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Grasberg merupakan kawasan tambang terbuka. 

Pemicu aksi mogok ditengarai karena tuntutan karyawan yang tidak dipenuhi oleh manajemen, salah satunya soal persamaan bonus.

Tuntutan persamaan bonus tidak dipenuhi, ratusa karyawan PT. Freeport Indonesia menggelar aksi unjuk rasa di area Grasberg Operation sejak pertengah dan akhir pekan lalu. Akibatnya, proses produksi menjadi tidak maksimal.

Kapolres Mimika, Yustanto Mujiharso membenarkan pemogokan tersebut.
Dilansir dari CNN, Yustanto mengatakan, pemogokan dilakukan oleh operator dari kru 1,2,3, dan 4 di area Grasberg (GRS) yang meminta persamaan hak dengan karyawan di bagian bawah tanah dan pengolahan (mill). “Jumlahnya sekitar 200-an. Produksi perusahaan jadi tidak maksimal akibat pemogokan itu,” ujar Yustanto.

Rencananya, Yustanto akan menemui pimpinan GRS pada hari ini (3/10) untuk mencari solusi atas pemogokan yang sudah berlangsung selama empat hari tersebut.

“Soal tuntutan mereka, itu bukan kewenangan kami. Tapi kami akan berbicara mengenai hal-hal yang terkait dengan kewenangan kami. Terutama soal keamanan. Sampai saat ini, tidak ada ancaman keamanan. Situasinya kondusif,” kata Yustanto.

Pihak PT Freeport Indonesia sampai saat ini belum memberikan keterangan resmi. 

Staf Relasi Media PT Freeport Indonesia Karel Luntungan menyatakan pihaknya belum bisa memberikan konfirmasi mengenai hal tersebut. “Kami belum bisa memberikan konfirmasi,” katanya.(RR/KbN)

4 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password