breaking news New

Forum Orang Muda Manggarai Selenggarakan Bupati Cup

RUTENG, Kabarnusantara.net-Forum Orang Muda Manggarai menyelenggarakan Turnamen Sepak Bola Bupati Cup di Stadion Golo Dukal, Kelurahan Bangka Leda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai Propinsi NTT. Turnamen itu berlangsung sejak hari ini, Sabtu, 8 Oktober hingga Kamis, 27 Oktober 2016 mendatang.

Ketua Panitia, Laurensius Guntur, dalam laporannya mengatakan kondisi persepakbolaan Manggarai yang akhir-akhir ini minim prestasi merupakan akibat logis dari proses pembinaan yang tidak kompetitif baik pada aspek penyelenggaraan turnamen maupun pada aspek rekrutmen pemain.

“Menyadari itu Forum Orang Muda Manggarai yang didukung penuh Pemkab Manggarai, KONI, dan Pengcab PSSI Kabupaten Manggarai menginisiasi terselenggaranya turnamen Sepak Bola Bupati Cup sebagai ruang kompetisi bagi seluruh pemuda di Manggarai,” ujar Guntur dalam Seremonial Pembukaan Turnamen Sepak Bola Bupati Cup, Sabtu, 8 Oktober 2016 di Stadion Golo Dukal.

Guntur pun berharap turnamen ini dapat melahirkan pesepak bola Manggarai yang unggul dan berkualitas, sehingga ke depannya cabang olah raga Sepak Bola tidak sekadar sebagai cabang olah raga partisipatif pada turnamen yang lebih tinggi tingkatannya tetapi juga menjadi cabang olah raga prestasi.

Sementara itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus mengatakan turnamen Sepak Bola Bupati Cup adalah bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Manggarai mencari bibit-bibit terbaik, mencari pemain-pemain potensial. Setelah itu, kita akan melakukan sejumlah pertandingan eksibisi dengan kabupaten-kabupaten lain seperti dengan Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada dan seterusnya. Sehingga dengan demikian, bibit-bibit pemain terbaik itu akan diikutsertakan pada turnamen Sepak Bola di tingkat propinsi.

Dikatakan Deno, kemarin, saat panitia melaporkan kepada saya tentang kesiapan turnamen ini di kantor, saya minta supaya KONI bersama dengan pemerhati sepakbola untuk membentuk suatu Tim Khusus. Lalu tim ini nanti diharapkan bisa melakukan potret terhadap para pemain, sehingga kemudian dari para pemain ini akan ditemukan potensi-potensi pemain terbaik yang akan kita bentuk klub tersendiri.

“Jujur saja, selama ini, sering kali pada saat kita mengikuti turnamen di tingkat propinsi, kita kurang siap, bahkan kita tidak siap. Padahal saya tahu, di Manggarai, kita punya potensi pemain-pemain Sepak Bola luar biasa. Kita punya pengalaman bahwa ketika kita mempersiapkan para pemain secara baik, termasuk juga pada saat merekrut mereka melalui sebuah proses yang panjang, maka kita dapat menemukan pemain-pemain yang handal,” ujarnya yakin.

Oleh karena itu, Ia berharap setelah selesainya turnamen ini, Tim Khusus akan melahirkan rekomendasi pemain-pemain terbaik yang akan dibina lebih lanjut menjadi klub Sepak Bola Kabupaten Manggarai.

Ia mengakui, turnamen Sepak Bola memperebutkan Piala Bupati Manggarai belum menjadi turnamen yang rutin dilakukan.

“Bupati Cup pernah dilakukan beberapa tahun lalu, dan kemudian tidak dilaksanakan lagi. Dan sekarang kita laksanakan lagi. Karenanya saya akan upayakan turnamen ini menjadi turnamen yang rutin dilakukan setiap minimal setahun sekali,” ujarnya.

Menurut Deno, setiap cabang olahraga termasuk Sepak Bola adalah media pembinaan dan pembentukan karakter.

“Dalam sebuah pertandingan itu, kalah dan menang itu biasa. Tidak ada yang sama-sama menang. Dalam situasi seperti ini tentu dibutuhkan sportifitas. Keiklasan dari yang belum beruntung, lalu kemudian bagi yang sudah beruntung dan menjadi pemenang, dia harus menjadikan dirinya tidak sombong. Itu adalah bagian dari karakter,” tutupnya.

Turnamen Bupati Cup mengikutsertakan 16 klub Sepak Bola terbaik di Kabupaten Manggarai yang dibagi dalam 4 Group. Group A dihuni Merpati FC, OMK Ketang FC, Tunas Harapan atau Anak Muda Pitak (AMPIT) FC, dan Satar Tacik FC. Group B dihuni oleh Bea Waja FC, Liberty FC, Bulan FC, dan Praja Mukti FC. Group C dihuni oleh Nterlango FC, Tunas Muda FC, Compang Ndehes FC, dan Bangka Leda FC, dan Group D dihuni Missio FC, Gelora FC, Kebe Gego FC dan Lugas Ganda FC.

Pantauan Kabarnusantara.net, Satar Tacik FC melawan AMPIT FC menjadi klub Sepak Bola pertama yang bertanding pada turnamen itu. AMPIT FC berhasil menciptakan kemenangan mutlak dengan skor 4-2. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password