breaking news New

Raih Medali Emas PON XIX, Susanti Isabela Diarak Keliling Kota Ruteng

RUTENG, Kabarnusantara.net –Kenshi Putri yang mewakili NTT pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX di Jawa barat, Maria Susanti Isabela (19), peraih Medali Emas Nomor Randori Kelas 60 Kg, diarak secara meriah di tempat asalnya di Ruteng, Senin, 10 Oktober 2016.

Maria Susanti Isabela yang tiba di Bandara Frans Sales Lega Ruteng, Senin, 10 Oktober 2016, pukul 07:30 WITA diterima secara adat Manggarai oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai dan seluruh rombongan. Santi, begitu ia disapa, didampingi Ketua Kontingen Kempo NTT pada PON XIX Jawa Barat, Yenni Veronika,SH. Santi kemudian diarak keliling kota Ruteng menggunakan kendaraan roda empat dan diiringi dengan rombongan Drum Band dari SMU Negeri 1 Ruteng.

Pada acara penyambutan di Aula Ranaka, Kantor Bupati Manggarai, Santi Isabela mengatakan perjuangannya untuk memenangkan pertandingan tidaklah mudah. Namun berkat dukungan doa, moril maupun materiil yang luar biasa dari Kontingen Kempo NTT, Pemerintah Propinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai, para Simpai, orang tua, keluarga, dan seluruh rakyat Manggarai, Ia berhasil meraih medali emas.

Dikisahkan Santi, pada saat tampil di laga penyisihan pertama, ia kalah dari atlet putri asal Propinsi Sulawesi Selatan. Namun dalam pertandingan kedua, Santi Isabela tampil lebih percaya diri dan menang dari atlit putrid asal Propinsi Sulawesi Tenggara. Demikian juga saat berhadapan dengan Kenshi putrid asal Papua, ia juga berhasil menang. Dalam pertandingan selanjutnya di babak semifinal, ia mengaku sempat gugup dan ragu-ragu karena harus berhadapan dengan atlet putri tuan rumah Jawa Barat. Namun berkat tekadnya yang kuat, ia kembali berhasil mengalahkan utusan Jawa Barat itu. Ia kemudian masuk ke babak final, Santi kembali berhasil mengalahkan atlet putri asal Propinsi Sulawesi Tengah, sehingga meraih medali Emas.

Santi, yang lahir pada 23 September 1997 adalah putri ke enam dari 8 bersaudara yang merupakan salah satu atlet yang memperkuat Kontingen PON NTT di PON XIX Jawa Barat. 

Keinginannya untuk mempersembahkan medali emas bagi rakyat NTT sudah bulat semenjak dirinya berhasil meraih medali emas di Prakualifikasi PON XIX 2015, di Surabaya Jatim, tahun 2015 lalu.

Santi, Putri dari Yohanes Madi dan Katarina Susut, yang baru tamat dari SMA Negeri 1 Ruteng tahun 2016 ini mengaku sudah menggeluti olah raga beladiri Kempo sejak ia menduduki bangku SMP di SMPK St.Petrus Ruteng, Kabupaten Manggarai, dan bergabung di Dojo SMP St.Fransiskus Ruteng.

Kejuaraan yang pernah diikuti Santi antara lain, pra Pon tahun 2015 di Surabaya, Jawa Timur ia meraih medali perunggu. Sedangkan kawan seperguruannya Rino Deno, atlet putra asal Manggarai ketika itu berhasil meraih medali emas. Kejurda Kempo di Manggarai 2010 yang lalu ia juga berhasil meraih medali perunggu. Sedangkan dalam Kejurnas Kempo di Makassar Sulawesi Selatan dan Surabaya pada 2016 ini, ia berhasil meraih medali emas.

“Pada Pekan Olah Raga Nasional ke XIX di Jawa Barat kali ini, saya berhasil meraih emas dari nomor randori kelas 60 kilogram,” ujarnya.  

Ia pun berterima kasih kepada para Pelatihnya, diantaranya Simpai Agustinus Ganggut, Simpai Wens, Simpai Rafael, dan Simpai No Kopong.

Pada kesempatan itu, Ketua Kontingen Kempo NTT pada PON XIX di Jawa Barat, Yeni Veronika,SH mengatakan prestasi yang diraih Santi tidak terlepas dari kerja keras Simpai Gusti Ganggut, Simpai Ignas, Simpai No Kopong dan Simpai Wens.

“Oleh karena itu, Santi tidak boleh lupa jasa dari para pelatih, Pemerintah NTT dan Pemkab Manggarai, KONI, Perkemi dan semua pihak yang telah mendukung Santi baik secara moril maupun materiil hingga Santi menjadi juara nasional. Dan medali ini jangan sampai membuat Santi menjadi sombong tetapi menjadi awal bagi kesuksesan pada kejuaraan berikutnya baik nasional maupun internasional,” ujar Yeni Veronika yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai.

Dikatakan Yeni Veronika, Kontingen NTT pada PON XIX di Bandung, khususnya Cabang Olahraga Kempo berhasil meraih Juara Umum, diikuti Jawa Barat di peringkat kedua, ketiga Kalimantan Timur. Cabang olahraga Kempo NTT berhasil meraih 7 emas, 1 perak, 5 perunggu. Dan yang meraih medali Emas untuk NTT, hanya cabang olahraga Kempo. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password