breaking news New

Mohammad Saleh Pimpin DPD RI Hanya 6 Bulan

Jakarta – KabarNusantara.Net, Mohammad Saleh resmi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) setelah dilantik Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali di gedung DPD RI, Jakarta, Rabu (12/10) pagi. Saleh menjadi ketua menggantikan Irman Gusman yang telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Sekretaris Jenderal DPD Sudarsono Hardjosoekarto menjelaskan masa jabatan Saleh hanya berlangsung enam bulan sejak dilantik hari ini. Hal itu sesuai dengan Tata Tertib (Tatib) baru DPD yang dikeluarkan Januari 2016 lalu. Dalam Tatib tersebut dinyatakan masa jabatan pimpinan DPD hanya berlaku 2,5 tahun dari 5 tahun yang biasanya.

Sempat terjadi perdebatan sebelum pelantikan. Pasalnya dalam Surat Keputusan (SK), Sudarsono membacakan masa jabatan Saleh sampai tahun 2019. Namun diprotes oleh anggota DPD RI dari propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Adrianus Garu. Dia meminta Sudarsono mengubah isi SK tersebut dengan menyebut masa jabatan Saleh hanya 2016 sampai April 2017. Hal itu mengacu ke Tatib DPD yang baru. Protes dari Adrianus kemudian didukung oleh hampir seluruh anggota DPD. Maka SK yang ada pun dikoreksi dengan masa jabatan hanya enam bulan.

Andre, sapaan akrab Adrianus Garu usai pelatikan mengemukakan penyebutan masa jabatan Saleh harus jelas supaya tidak menimbulkan perdebatan di kemudian hari. Pasalnya, ada upaya untuk tetap mempertahankan masa jabatan lima tahun, padahal Tatib sudah mengubahnya menjadi 2,5 tahun.

“Kami ingin berjalan tertib saja ke depannya. Dengan penyebutan 6 bulan maka pak Saleh yang terpilih sudah tahu dan sadar akan masa jabatannya. Jadi nanti tidak bisa berkelit lagi ketika sudah waktunya dilakukan pemilihan kembali,” tuturnya. (MM/KN)

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password