breaking news New

Pemilihan Kepala Desa Rai Telah Berjalan Sesuai Aturan

 

RUTENG, Kabarnusantara.netProses pemilihan Kepala Desa Rai, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT telah berjalan sesuai aturan.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Manggarai, Yohanes Virgius N. Owa,SPT di Kantor BPMPD di Ruteng, Selasa, 8/11/2016 usai menerima Panitia Pilkades Desa Rai dan BPD Desa Rai.

Dikatakan Gius, begitu ia disapa, pihaknya telah melakukan pengecekan data kependudukan pemilih Desa Rai yang kebetulan adalah pasangan suami istri, Vicarles Soleng dan Maria Elisabet Mujur.

“Data yang kita temukan di BIP (Buku Induk Penduduk, red), kedua orang tersebut adalah warga desa Rai,” ujarnya.

Dikatakan Gius, proses penetapan DPT Pilkades telah melewati waktu yang cukup panjang yaitu selama empat bulan. Sebelum ditetapkan sebagai DPT, pihak panitia di tingkat desa mengeluarkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang didasarkan pada data kependudukan yang dimiliki desa.

DPS tersebut kemudian diumumkan dengan cara ditempel di kantor desa dan dibagikan kepara para Calon Kepala Desa dengan harapan mendapat masukan.

“Setelah melewati masa empat bulan, dan mendapat masukan dari para pihak termasuk calon kepala desa, pihak panitia menetapkan DPS menjadi DPT. Kalau dia (Adrianus Sunarto,red) tahu dari awal, kenapa dia tidak persoalkan kepada panitia. Ini dia malah tanda tangan DPT Pilkades Desa Rai. Itu artinya, Dia juga ikut mengesyahkan DPT ,” terangnya.

Pokok yang dipersoalkan oleh Calon Kepala Desa Rai, Adrianus Sunarto apakah boleh seseorang coblos dua kali dalam Pemilihan Kepala Desa.

“Yah setahu saya, dia hanya mencoblos satu kali di Kabupaten Manggarai. Apakah dia mencoblos dalam pemilihan kepala desa di Kabupaten lain, kita tidak tahu,” ujarnya.

Ia juga menegaskan, dalam menyelesaikan masalah ini, pihaknya  pasti tidak berpihak kepada siapa-siapa tetapi berpihak pada aturan.

Senada dengan Gius, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Rai, Micel Do kepada Kabarnusantara.net mengatakan bahwa proses Pemilihan Kepala Desa Rai sudah berjalan sesuai aturan.

Namun pihaknya mengakui, hingga kini hasil rekapitulasi pemungutan suara pada 1 November yang lalu ditolak dan tidak ditandatangani oleh calon Kepala Desa Rai Nomor Urut 3, Adrianus Sunarto.

Karena itu, pihaknya menyerahkan penyelesaian soal itu kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa di tingkat kabupaten.

“Kesimpulan kami bersama BPD Desa Rai bahwa semua proses dalam Pemilihan Kepala Desa telah berjalan sesuai aturan. Dan jelas bahwa, Vicarles Coleng dan Maria Elisabet Mujur adalah warga desa Rai. Penetuan warga itu kan berdasarkan domisili, bukan berdasarkan asal-usul,” tandasnya.

Ada pun perolehan suara ketiga Calon Kepala Desa Rai yaitu: calon nomor urut 1 Fidelis Genggong memperoleh suara terbanyak dengan perolehan 540 suara, calon nomor urut 2, Marselina Yustina Mekar dengan perolehan 48 suara, dan calon nomor urut 3, Adrianus Sunarto meraih 538 suara. (Alfan Manah/HIP/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password