breaking news New

Komisi V DPRD NTT : Pemerintah Harus Serius Tangani HIV/AIDS di NTT

Kabarnusantara.net – Komisi V DPRD NTT meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) agar serius menangani masalah HIV/AIDS di wilayah NTT. Promosi dan preventif perlu digalakkan sehingga masyarakat paham dan menghindari perilaku beresiko.Hal ini terungkap dalam rapat Komisi V DPRD NTT dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) NTT, di ruang rapat Komisi V DPRD NTT, Rabu (9/11/2016).

Rapat dipimpin Wakil Ketua Komisi V, Yunus H Takandewa dihadiri Ketua Komisi, Winston Rondo dan Sekretaris, Anwar Hajral serta anggota. Dari Dinkes NTT hadir, Kadis Kesehatan, dr. Kornelius Kodi Mete dan sejumlah pejabat diantaranya, Kabid Kesehatan Masyarakat, drg. Iien Adriany.

Anggota Komisi V DPRD NTT, Dra. Feni Bantang meminta agar pemerintah melalui Dinkes perlu terus mensosialisasi pentingnya mencegah penularan HIV/AIDS.

Dia mengatakan, persoalan HIV/AIDS itu ibarat gunung es sehingga jika tidak ditangani sejak dini maka akan berdampak besar bagi kehidupan masyarakat.

“Kita harapkan Dinkes NTT bisa memberi penyadaran melalui promosi preventif. Hanya dengan cara penyadaran kami pikir sangat berpengaruh mengatasi penyebaran HIV/AIDS,” kata Feni.

Anggota dewan lainnya, Aleta Baun menyoroti soal TKI yang keluar wilayah Indonesia dan pulang bisa saja membawa wabah tersebut.

“Kita minta pemerintah supaya melakukan tes terhadap warga NTT yang hendak ke luar negeri dan juga setelah mereka pulang atau kembali ke NTT. Ini perlu dan wajib diperiksa,” kata Aleta.

Dia meminta jika dapat dilakukan para calon TKI harus menjalani pemeriksaan HIV/AIDS baik sebelum keluar negeri maupun setelah kembali.

Sekretaris Komisi V DPRD, Anwar Hajral mengatakan, jika NTT saat ini sementara gencar mengelola obyek pariwisata, maka pemerintah bisa memikirkan agar adanya sarana kesehatan di laut seperti kapal kesehatan.

Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT, Ir. H. M.Ansor mengatakan, paparan dari Dinkes NTT sudah baik hanya semua laporan masih bersifat umum dan belum detail.

“Kita berharap ke depan paparan bisa lebih detail lagi. Saya secara khusus juga mengucapkan terima kasih kepada UPTD Labkes yang turut berpartisipasi saat pelantikan pengurus DPD I Partai Golkar NTT,” kata Ansor.(RR/KbN)

209 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password