breaking news New

Fenomena Langit di Bulan November, Jangan Sampai Terlewatkan !

Kabarnusantara.net – Berbagai macam fenomena langka pernah terjadi setiap tahunnya, mulai dari hujan meteor, pesona planet yang terjadi di galaksi, serta kejadian aneh dan unik di luar angkasa atau bahkan super moon yang selalu menjadi favorit dan sangat dinanti oleh setiap orang.

Kamu harus mengetahui kalau ada berbagai macam fenomena langit yang akan terjadi di langit Indonesia khususnya bulan November ini. Seperti yang dilansir dari infoastronomy.org, kamu bisa melihat penampakan supermoon pada bulan ini. Kali ini kamu diberikan kesempatan untuk menyaksikan supermoon yang sangat menakjubkan dan luar biasa selama hampir 7 dekade.

Kamu pasti sudah tidak sabar untuk melihat dan menanti kedatangan supermoon ini. Jangan lupa untuk mencatat jadwal supermoon yang akan mejeng di bulan November tahun ini, dan jangan sampai terlewatkan ya!

1. 8 November 2016

Kamu bisa melihat bulan yang tampak sangat jelas, sejak matahari terbenam sampai tengah malam saat bulan terbenam nanti. Tepatnya pukul 00:35 WIB. Untuk para pengamat langit bisa melihat sekaligus menikmati langit bebas cahaya bulan sampai menjelang dini hari yang dikelilingi oleh planet-planet lainnya yang seolah mengitari bulan.

2. 11 November 2016

Pada tanggal 11 November nanti akan terjadi puncak hujan meteor yang akan berlangsung pada tengah malam. Seperti yang sudah diteliti oleh pengamat antariksa, hujan meteor ini setidaknya akan menjatuhkan 10 sampai 15 bintang per jamnya. Puncak hujan meteor ini akan terjadi pada pukul 5 dini hari waktu setempat.

Kalau kamu ingin menyaksikan hujan meteor ini, carilah puncak pegunungan yang lapang agar kamu bisa mengamati bintang yang jatuh secara jelas.

3. 14 November 2016

Di bulan November ini tepatnya pada tanggal 14 nanti, kamu bisa melihat super duper moon atau yang biasa disebut dengan bulan purnama terbesar yang pernah ada di dunia dan bisa terlihat di Indonesia tahun 1948 yang lalu.

Munculnya bulan ini merupakan salah satu bulan purnama yang terbesar yang sangat ditunggu-tunggu selama hampir 7 dekade. So, jangan sampai melewatkan kesempatan yang sangat langka ini ya!

4. 15 November 2016

Sudah siap untuk menyaksikan bintang Bull Eye? Kamu bisa menyaksikannya tepat pada tanggal 15 November 2016.

Waktu yang tepat untuk melihat bintang bull eye pada tengah malam tanggal 15 dan 16 November, karena bulan ini akan berdekatan dengan mata konstelasi Taurus. Kamu akan bisa melihat bulan ini di dekat mata merah besar Aldebaran atau disebut Bintang Bull Eye.

Bintang ini berjarak kurang lebih 62 tahun cahaya dari Bumi yang mengarah ke konstelasi Taurus.

5. 17 November 2016

Pada tanggal 17 November tengah malam, kamu bisa menyaksikan hujan Meteor Leonid. Hujan Meteor Leonid ini berlangsung secara tahunan. Jika kamu ingin melihat hujan Meteor Leonid, maka kamu bisa menyaksikannya pada pagi hari atau subuh. Pada saat itu kamu bisa melihat 17 sampai 20 meteor yang jatuh per jamnya.

6. 25 November 2016

Pada tanggal ini kamu bisa melihat raksasa Bimasakti Jupiter yang terlihat mendekati Bulan. Fenomena ini bisa terlihat dari Bumi dengan jarak hanya 2 derajat saja. Fenomena Jupiter ini akan sangat terlihat dan tepat berada di bawah bulan sabit.

Jika kamu ingin mellihat penampakan dari Jupiter yang tengah mendekati Bulan, sebaiknya pergi ke tempat gelap atau kamu bisa mematikan seluruh lampu yang berada di rumah kamu sebelum waktu subuh menjelang.(RR/KbN)

11 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password