breaking news New

Mahasiswa Malang Adakan Panggung Kreatifitas Budaya

Malang, kabarnusantara.net –Komunitas Mahasiswa Manggarai di malang menggelar kegiatan panggung kreatifitas budaya pada Minggu (13/11). Acara yang digagas oleh Komunitas NGOPI (ngobrol pintar) generasi muda Manggarai di Malang tersebut mengusung tema “Merajut kreatifitas dalam lagu dan tari bersama keluarga besar Manggarai Malang”.

Berbagai macam tarian daerah dan lagu daerah Manggarai dibawakan untuk menghibur para undangan yang hadir di gedung Balai Mereka Universitas Merdeka Malang.

Kegiatan ini juga semakin menarik karena dihadiri oleh musisi ternama Manggarai yaitu Ivan Nestorman. Kehadiran Ivan bukan hanya menambah antusiasme mahasiswa dan warga Manggarai saja, banyak penonton dan undangan dari luar manggarai ikut menyaksikan acara tersebut. Selain Ivan, hadir juga kepala bidang pariwisata kota Malang serta Rektor Universitas Mereka Malang.

Indra Randu, ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini sejatinya merupakan agenda dari komunitas NGOPI.

“Dengan persiapan kurang sebulan, kegiatan ini akhirnya terlaksana berkat kerja keras dan usaha bersama antara anggota komunitas ngopi sendiri dan para penasehat komunitas NGOPI serta uluran tangan dari berbagai pihak seperti para orangtua Manggarai yang ada di Malang, para donatur baik yang dari Malang maupun dari luar Malang” ungkap Indra.

Acara tersebut disponsori oleh Cahaya Komputer, Kopi D’Kraeng serta Humas Universitas Merdeka Malang.

“Tentunya apresiasi diberikan kepada para pengisi acara (sanggar Nucalale, Ikamatri, Ntala Gewang, ikatan alumni St. Klaus Malang, XPIO Malang) serta para undangan yang hadir,” imbuhnya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan kecintaan mahasiswa manggarai malang terhadap kebudayan daerah manggarai.

Maram tadang lako, neka hemong kuni agu kalo” (sejauh apapun kita pergi, jangan pernah lupa dengan tanah kelahiran kita, tanah Manggarai) tentunya ini yang selalu memotivasi teman-teman komunitas ngopi untuk mengadakan kegiatan panggung kreatifitas budaya ini,” pesan Indra

Selain itu rangakaian kegiatan ini juga merupakan untuk memperingati moment hari sumpah pemuda 28 oktober dan hari pahlawan 10 november.

“Harapannya semangat sumpah pemuda dan pahlawan tetap berkobar dalam diri generasi muda manggarai malang. Salah satunya dengan merawat dan melestarikan budaya daerah Manggarai,” lanjutnya.

Koordinator NGOPI, Nanno Bantrang mengatakan bahwa dalam konteks kekinian bangsa, generasi muda Manggarai perlu berpikir global dan bertindak lokal. Sehingga konsekuensi logisnya, generasi muda Manggarai perlu diperkenalkan segala hal tentang ke-Manggaraiannya. Kebudayaan dan adat istiadat agar tetap mengakar dalam diri kaum muda Manggarai sebagai generasi penerus, agen pembangunan masa depan Manggarai.

Nanno mengajak generasi muda Manggarai untuk tetap menjaga kelestarian budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang.

“mai cama laing, momang tanah loas, pati nai one kuni agu kalo” tegas mahasiwa FISIP Universitas Merdeka Malang tersebut.

Selain itu rektor Universitas merdeka malang dan kepala bidang promosi pariwisata kota Malang menyampaikan apresiasi kepada komunitas NGOPI khususnya dan keluarga Manggarai Malang umumnya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Rektor Universitas Merdeka Malang juga mengharapkan bahawa kebudayaan Manggarai bisa menyatu dengan masyarakat kota Malang sehingga semangat persaudaraan tetap tumbuh di antara masyarakat kota Malang dengan keluarga Manggarai Malang.

Selanjutnya perwakilan walikota Malang juga berharap agar kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda tahunan komunitas NGOPI dan tentunya pemerintah kota Malang akan sangat mendukung.

Hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi komunitas NGOPI untuk terus berkarya dan menjadi wadah bagi mahasiswa manggarai di malang untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi pembangunan daerah serta mengaktualisasikan bakat dan kemampuan diri.

“Bertepatan dengan satu tahun usianya, komunitas NGOPI berkomitmen untuk terus menjadi wadah pembentukan karakter akademik generasi muda Manggarai Malang. Tentunya dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan bagi komunitas NGOPI ke depannya,”Ungkap Koordinator NGOPI

Kegiatan panggung kreatifitas budaya ini dimulai dengan penampilan lagu dan tari teman-teman mahasiswa. Selanjutnya pemutaran video dokumenter komunitas NGOPI, serta performance dari Musisi Senior Manggarai, Ivan Nestorman. Pelantun Mata Leso Ge ini meramaikan situasi dan membuat penonton histeris.

Kegiatan budaya tersebut ditutup oleh clossing statement Prof. Alloysius R. Entah, yang mewakili para penasehat Komunitas NGOPI dan sebagai sesepuh orang Manggari di Malang. Dalam sambutannya, Alloysius memberikan apresiasi kepada anggota komunitas karena telah melaksanakan kegiatan ini (Andry Rahmat/Sollan/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password