breaking news New

Dugaan Penyalagunaan Dana Proyek Pembangunan Infrastruktur Air Minum di Manggarai Barat


Labuan Bajo, Kabarnusantara.net-Kamis, 1 Desember 2016, Forum Masyarakat Peduli Pembangunan (FMPP) yang tergabung dari masyarakat Desa Wae Wako dan Desa Siru, Manggarai Barat, Flores, NTT kembali mendatangi Kantor DPRD Manggarai Barat untuk yang kedua kalinya. Adapun kedatangan masyarakat bukan tanpa alasan.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, kedatangan masyarakat menuntut agar proyek pembangunan infrastruktur air minum di Desa Wako dan Desa Siru yang seharusnya dilaksanakan pada tahun anggaran 2015 yang bersumber dari dana DAK segera terealisasi karena hingga hari ini masyarakat belum menikmati hasilnya. Mereka datang untuk menagih janji dan menuntut ke DPRD Mabar agar segera mengusut tuntas Proyek Pembangunan Air Minum senilai 2,3 miliar tersebut.

Mereka menilai proyek pengadaan air minum bersih untuk dua desa tersebut terkesan adanya konspirasi dari berbagai pihak diantaranya adalah dinas PU Manggarai Barat dengan pemegang tender dalam hal ini adalah CV Karya Darma.

Kedatangan mereka hari ini merupakan kelanjutan dari upaya masyarakat pada 28 agustus lalu, saat melaporkan persoalan ini ke DPRD.

Pada senin, 23-08-2016, Forum Masyarakat Peduli Pembangunan (FMPP) melaporkan masalah ini ke DPRD Kabupaten Manggarai Barat. Dalam pertemuan tersebut, DPRD memanggil PU untuk meminta keterangan. Dalam pengakuan mereka (PU), pekerjaan proyek air minum yang terdapat di dua desa tersebut sudah mencapai 90% telah usai, tetapi realitanya belum terealisasi. Hal ini yang mengindikasikan dana sebesar 2,3 miliar tersebut diduga adanya penyalagunaan.

Masyarakat kesal dengan  DPRD Manggarai Barat karena sampai hari ini belum mengambil tindakan semenjak masyarakat datang melaporkan masalah ini. Selain itu, hingga hari ini DPRD Manggarai Barat belum pernah menepati janji untuk memantau langsung ke lapangan sebagai pembuktian laporan dari Forum Masyarakat.

Forum Masyarakat yang tergabung dari dari warga Desa Wako dan Desa Siru ingin menindaklanjuti proses penyelesaian kasus penyalagunaan dana proyek ini ke ranah hukum. Masyarakat menaruh harapan kepada penegak hukum untuk segera menindaklanjuti laporan masyarakat terkait dengan penyalagunaan proyek pembangunan air minum di desa Wae Wako dan Desa Siru. (Jebatu/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password