breaking news New

Masyarakat NTT di Jakarta Akan Mengikuti Parade Kebangsaan Pada 4 Desember 2016

Jakarta, Kabarnusantara.net-Masyarakat asal provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada di Jakarta, akan mengikuti parade kebangsaan yang akan dilakasanakan besok, Minggu, 4 Desember 2016.

Parade kebangsaan ini akan diikuti oleh elemen masyarakat dari Sabang sampai Merauke yang berada di Jakarta. Informasi yang diperoleh, peserta yang hadir dalam parade ini berkisar lima ratus ribu sampai satu juta orang. Sementara peserta NTT diperkirakan berjumlah dua ribu lima ratus orang.

Sekretaris panitia untuk provinsi NTT, Jack Jagong, kepada Kabarnusantara.net, pada Sabtu, (3/12) mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat NTT bersama masyarakat umumnya, untuk menegaskan kebersamaan kita selaku bangsa Indonesia, bahwa kita adalah satu, serta tidak terpecah-belah oleh isu apapun apalagi isu yang mengarah pada perpecahan bangsa.

“Jadi tanggal 4 Desember itu adalah gerakan kembali untuk meneguhkan satu Indonesia. Konkretnya kita akan ke lapangan bersama masyarakat Indonesia lainnya dan kita akan turut berpartispasi dengan pentas seni budaya”, ujar Jack.

Jack menjelaskan, peserta NTT yang hadir adalah masyarakat yang secara tulus ingin menyerukan semangat kebangsaan, semangat persatuan dan cinta NKRI.  

“Untuk peserta yang hadir, semuanya karena keinginan untuk menunjukkan kecintaan terhadap NKRI. Tidak ada pemaksaan”, ujarnya.

Dalam parade ini, peserta akan mengenakan pakaian putih dan berbagai pakaian adat asal daerah se-NTT. Akan ditampilkan pula berbagai tarian adat daerah dari NTT, seperti tarian Hegong dari kabupaten Sikka, Flores. Pesan utama yang akan disampaikan dalam atraksi budaya adalah kebhinekaan yang merupakan kekuatan kita selaku bangsa yang berbudaya, walaupun berbeda tetapi tetap satu, Indonesia.

Dijelaskan, peserta parade akan berkumpul di beberapa titik yang sudah ditentukan dan akan melakukan long march dari Jl. Cemara atau belakang Sarinah-Jakarta Pusat menuju area Patung Kuda, tempat berkumpulnya seluruh peserta Parade Kebangsaan.

Sementara salah satu Koordinator Umum kegiatan ini, Petrus Selestinus, kepada Kabarnusantara.net, pada Sabtu, (3/12) membenarkan adanya kegiatan ini yang akan melibatkan semua elemen masyarakat di Jakarta dari Sabang sampai Merauke.

Kegiatan ini menurutnya didasari atas kecintaan rakyat Indonesia terhadap NKRI. Dimana menurut dia, persoalan bangsa khususnya persoalan kebhinekaan yang sedang terganggu oleh sekelompok orang sebetulnya sedang menunjukkan ketidaksukaan dengan keberagaman. Maka pemerintah sendiri mendorong kita untuk menunjukkan bahwa keragaman itu merupakan sesuatu yang sangat berharga sebagai dasar pertama didirikannya NKRI ini.

“Oleh karena itu, masyarakat NTT yang ada di Jakarta akan mengambil bagian dalam acara ini. NTT ingin menunjukkan bahwa ketika negara ini didirikan NTT punya andil dan suara. Suara itu yang kita mau pertahankan dalam NKRI”, tegas Petrus Selestinus yang merupakan Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI). (Ervan/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password