breaking news New

Kemanpanrb Akan Sosialisai Netralitas PNS/ASN Dalam Pilkada

Jakarta,Kabarnusantara.net-Kementerian Pendagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) punya cara sendiri untuk mengantisipasi pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pilkada serentak yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017 mendatang. Kementerian Pendagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan melakukan monitoring dan evaluasi pada daerah yang akan melakukan pilkada 2017.

“Monitoring dan evaluasi akan dilakukan pada bulan Desember 2016 secara sampling,” ujar Menteri PANRB Asman Abnur di Jakarta, pada Rabu (7/12), saat diminta tanggapannya oleh Kabarnusantara,net, terkait Raker di Komisi II DPR RI, yang digelar pada Selasa (06/12) kemarin.

Monitoring akan dilakukan di sejumlah daerah yang akan menggelar Pilkada serentak, baik provinsi, kabupaten maupun kota yang akan menggelar pilkada.

Selain itu, menjelang Pilkada serentak Februari 2017, Kementerian PANRB terus melakukan sosialisasi berbagai peraturan netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menteri Asman menjelaskan beberapa bulan lalu, setelah pilkada serentak tahun 2015, Kementerian PANRB telah melakukan konsolidasi dengan Kemendagri, Bawaslu, BKN, KASN melalui penandatanganan MOU terkait pengawasan netralitas, nilai dasar, kode etik ASN dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

“Untuk pilkada tahun depan, Kementerian PANRB dan partner terkait sepakat untuk tetap melanjutkan kesepakatan tersebut”, tegasnya.

Lebih lanjut Menteri PANRB Asman mengatakan jika ada ASN yang terlibat dalam kegiatan politik. “Kalau mau jadi calon ya keluar PNS saja,” ujarnya.

Dalam PP 53 tahun 2010 dan SE ditegaskan bahwa bila ada pelanggaran netralitas dikenakan hukuman disiplin tingkat sedang hingga berat. (Ervan/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password