breaking news New

Angkat Hal Positif, Alenia’s Journey Uncover Jelajahi NTT Selama 80 Hari

Ruteng, Kabarnusantara.net – Tim Alenia’s Journey Uncover NTT menjelajahi Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama kurang lebih 80 hari. Tim yang dipimpin Ari Sihasale itu menjelajahi NTT untuk mengangkat hal-hal yang positif tentang NTT, baik manusianya, alam, budaya, adat-istiadat dan obyek-obyek wisatanya.

Dalam perjalanannya, Ari Sihasale dan rombongan menyempatkan diri menemui Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus,SH,MH di ruang Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai, Rabu, 7/12/2016.

“Kedatangan kami ke sini mau meliput kegiatan-kegiatan positif,” ujarnya.

Nama program ini adalah Alenia’s Journey Uncover NTT.

“Kami pernah buat di Papua dan sekarang kami datang ke sini karena kami anggap bahwa NTT punya hal yang positif dan luar biasa yang harus dikabarkan kepada saudara-saudara lain di Indonesia yang lain,” ujarnya sumringah.

Makanya, ujar Ale, hari ini pihaknya datang mohon izin ke Bupati Manggarai untuk boleh keliling di Kabupaten Manggarai NTT untuk meliput hal-hal yang positif tentunya.

Selain itu, Nia Zulkarnaen kepada wartawan mengatakan dirinya bersama rombongan senang sekali karena di sini masyarakatnya menerima rombongan kami dengan ramah.

“Kami dari Jakarta melewati jalur darat menuju Labuan Bajo. Kami sudah keliling Labuan Bajo, Taman Nasional Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Nah sekarang giliran di Manggarai yah,” tuturnya.

Menurut Nia, mereka akan meliput keliling NTT selama 80 hari.

Ditanya soal kesulitan yang dialami di perjalanan Saat dari Labuan Bajo menuju Ruteng, Nia menuturkan kondisi hujan yang terus mengguyur mengakibatkan tanah longsor dan menutupi badan jalan. Namun berkat kekompakan dan kerja keras tim, semua ruas jalan bisa dilalui dengan baik.

Dirinya juga mengisahkan perjalanannya yang cukup panjang di wilayah Manggarai Barat karena GPS salah. Namun karena masyarakat sudah sangat membantu menunjukkan jalan, ia bersama tim bisa tiba Ruteng.

Nia yang selalu didampingi sang suami Ari Sihasale mengaku bangga bisa meliput wilayah NTT yang alamnya indah, manusianya ramah, budaya dan adat istiadatnya yang beraneka ragam dan kehidupan toleransinya juga sangat tinggi.

Sebelumnya Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen bersama rombongan diterima dengan upacara penerimaan tamu secara adat Manggarai berupa Tuak Putih dan Ayam Jantan Putih.

Tampak Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen bersama rombongan juga dikalungi selendang bermotif Songket Manggarai dan Topi Kopiah bermotif Songket khas Manggarai.

Acara itu, ujar Nia, akan ditayangkan di Metro TV Maret 2017 mendatang.

Pada kesempatan itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus menjelaskan upacara adat penerimaan tamu disebut Ritus Kapu. Dalam ritus itu disampaikan para tetua adat mengungkapkan kegembiraan bahwa daerah ini dikunjungi oleh Tim Alenia’s Journey Uncover NTT, yang juga merupakan sesama saudara sebangsa. Pihaknya juga meyakini bahwa setiap tamu yang mengunjungi daerah ini, pasti datang membawa kebaikan.

“Oleh karena itu, kami terima dengan senang hati,” ujar Deno.

Ketika sudah memasuki daerah ini, kami melalui ritus adat tadi berdoa agar Tuhan dan leluhur merestui perjalanan tim ini sehingga tidak menemui kendala yang berarti dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa serta para leluhur tanah ini.

Bupati Deno di hadapan tim Alenia’s Journey juga memperkenalkan sejumlah destinasi pariwisata andalan Manggarai seperti Wae Rebo, Liang Buaya, Perkampungan Tradisional Todo, dan Sawah jaring laba-laba di Meler.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan seluruh rakyat Manggarai, saya menyampaikan rasa terima kasih dan mengucapkan selamat datang di Manggarai,” tutupnya. (Alfan/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password