breaking news New

Dua Daerah di Papua Akan Memilih Calon Tunggal pada Pilkada Serentak 2017

Sorong, Kabarnusantara.net – Fenomena calon tunggal menjelang pilkada serentak pada tahun 2017 sempat dipermasalahkan. Namun, Mahkamah Konstitusi sudah mensahkan calon tunggal tersebut melalui keputusan MK dalam UU Nomor 8 Tahun 2015.

Komisi Pemilihan Umum merilis, setidaknya delapan daerah bakal memiliki calon tunggal dalam Pilkada Serentak 2017. Koalisi yang dibangun partai politik tidak menyisakan adanya pasangan calon lain.

Di Papua misalnya, ada dua daerah yang hanya diikuti satu pasangan calon dalam pertarungan pilkada serentak tahun 2017. Dua daerah tersebut adalah Kabupaten Tambrauw dan Kota Sorong.

Di Kabupaten Tambaraw, Papua Barat, pasangan calon Gabriel Asem-Mesak Yekwan didukung 19 kursi (95 persen). Keduanya didukung partai Golkar, PDIP, Demokrat, Nasdem, PKB, Gerindra, Hanura dan PKS.

Sementara di Kota Sorong, Papua juga hanya ada satu pasangan calon yakni Lamberthus Jitmau-Pahima Iskandar. Partai Golkar, Demokrat, PDIP, PAN, Nasdem, Gerindra, Hanura dan PKB mendukung keduanya dengan total dukungan 27 kursi (90 persen). Partai Bulan Bintang dan PPP yang memiliki tiga kusi tidak dapat mengajukan calon, sebab syarat minimal pengajuan dukungan adalah enam kursi.

Pasalnya, yang maju sebagai calon tunggal di dua daerah tersebut adalah incumbent. Hal itu dikarenakan, partai pemenang pemilu lebih memilih calon incumbent, daripada calon lain yang baru maju pertama kali pada kontestasi pemilu pada 2017 mendatang.

Meskipun ada dua calon independen yang mendaftarkan diri namun mereka gagal karena tidak bisa mencapai dukungan 20.000 kuota suara. (Andre/Hipatios/ KbN)

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password