breaking news New

Masyarakat Manggarai, Flores, NTT- Makassar Pentas Tarian Caci

Makassar, Kabarnusantara.net-Masyarakat Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur yang berdomisili di Makassar menggelar acara Pentas Budaya caci di kampus STKIP-YPUP Makasar, Minggu (11/12/2016). Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut hari raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Acara ini digagas oleh mahasiswa manggarai Makasar dan kelompok pecinta budaya manggarai. Acara budaya tersebut dihadiri oleh seluruh masyarakat manggarai yang berdomisili di Kota Makasar dan sekitarnya. Sekitar 800 warga asal Manggarai yang berdomisili di Makasar mengikuti acara ini.

Tetua masyarakat Manggarai, Yoseph Teong, dalam sambutannya, mengungkapkan, tujuan pentas tarian caci ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Manggarai bahwa betapa pentingnya menjaga kearifan budaya lokal.

“Dengan tema “Neka hemong kuni agu kalo” diharapkan masyarakat manggarai tidak lupa akan asal usul dan indentitasnya sebagai masyarakat berbudaya meskipun hidup dan tinggal di tanah rantauan”, lanjutnya.

Adrianus Iren, warga manggarai yang sudah lama bekerja di Makasar, mengungkapkan bahwa dengan pentas Tarian Caci masyarakat manggarai yang berdomilisi di Makasar, bisa berkumpul dan bertemu kembali dalam suasana persaudaraan. Ia pub berharap pentas Tarian budaya Caci menjadi acara rutinitas setiap tahun.

Tarian Caci merupakan tarian khas daerah manggarai, Flores, NTT. Tarian ini hanya diperankan oleh kaum laki laki sedangkan perempuan berperan memainkan alat musik, seperti gendang dan Gong selama tarian caci ini berlangsung.

Permainan caci ini adalah adu ketangkasan dua orang laki-laki yang bergantian mencambuk dan menangkis cambukan lawan. Tarian Caci ini memadukan antara Lomes (keindahan gerak tubuh dan busana yang dipakai), Bokak (Keindahan seni vokal saat bernyanyi), dan Lime (Ketangkasan dalam mencambuk atau menangkis cambukan lawan). (Febry Wiko/Jebatu/KbN)

5 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password