breaking news New

Hasil Polling Vox point Indonesia: Ahok-Djarot Pilihan Kuat Masyarakat Jakarta

Kabarnusantara.net – Penetapan Ahok sebagai tersangka kasus penistaan agama, menurut banyak lembaga survei, telah menurunkan elektabilitas Ahok-Djarot.
Namun berbeda dengan itu, Lembaga Vox Point Indonesia, dari hasil poling yang sudah dilakukannya, Ahok-Djarot tetap menjadi kandidat paling kuat dari dua pasangan calon lainnya.

Polling ini diselenggarakan selama sebulan, terhitung tanggal 8 November sampai dengan 8 Desember 2016 yang lalu.

Ketua Umum Vox Point Indonesia (VPI), Yohanes Handoyo Budhisejati, menjelaskan polling ini diselenggarakan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu atau untuk salah satu pasangan calon tertentu. Namun, jelas Handoyo, polling ini dibuat murni untuk mengetahui kandidat yang kuat yang diprediksi bakal menang pada Pilkada 15 Februari 2017 mendatang.

“Polling yang kami buat tidak untuk kepentingan apa pun, namun untuk mengetahui siapa yang kuat yang dipercaya rakyat untuk melayani masyarakat DKI Jakarta”, jelas Handoyo, di kantor Vox Point Indonesia, pada Selasa, (13/12/2016)

Handoyo, menjelaskan polling ini tersebar merata di lima wilayah DKI Jakarta, yakni daerah Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Dari total lima wilayah tersebut tercatat pemilih yang mengisi lembaran atau form polling didominasi pria sebanyak 49% dan wanita 42%.

Handoyo menjelaskan, yang mengikuti poling ini dari faktor usia rata-rata didominasi oleh usia produktif yakni pemilih yang berusia 31-40 tahun 34%, usia 20-30 tahun sebanyak 32%, usia 41-50 tahun 21%, sedangkan untuk usia 51-60 tahun berjumlah 5%, dan di atas 60 tahun sebanyak 3%.

Sementara dari segi pendidikan, lanjut Handoyo, masih didominasi oleh Strata 1 (D4) yaitu 34%, disusul jenjang SMA/SMK 33%, sedangkan untuk D1, D2 dan D3 sebanyak 16%. Sementara tingkat SMP sebanyak 8% dan untuk Strata 2 hanya mencapai 5%.

Ia menambahkan dari sudut agama atau kepercayaan, umat Muslim mendominasi dengan jumlah 48%, umat Katolik 27%, dan Protestan mencapai 13%. Sedangkan untuk umat Budha 6% dan Hindu 4%, dan umat Konghucu hanya 1%.

Dan dari sudut profesi, Handoyo menyebut karyawan swasta merupakan pemilih terbanyak dengan perolehan 49%, diikuti profesi pelajar atau mahasiswa yang berjumlah 21%. Sedangkan untuk Ibu Rumah Tangga mencapai 9%, serta pengusaha dan buruh masing-masing sebanyank 5% dan dosen atau guru hanya 4%.

Dijelaskan Handoyo, 82% masyarakat mengetahui Pilkada DKI Jakarta akan diadakan pada bulan Februari 2017 mendatang, sedangkan 18% tidak mengetahui.

Sementra 97% masyarakat mengetahui terkait ketiga pasangan calon yakni Agus Yuduyono dan Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat serta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, sedangkan 3% masyarakat tidak mengetahui.

Handoyo menegaskan, dari rangkuman dan kesimpulan yang dibuat Vox Point Indonesia, terkait hasil polling yang disesuaikan dengan tema umum ,‘Jika hari ini diadakan Pilkada DKI Jakarta’, maka Pasangan Calon nomor urut 2 Ahok-Djarot akan memenangi pertarungan Pilkada dengan meraih dukungan sebanyak 80%, disusul pasangan calon nomor urut 3 Anies-Sandiaga sebanyak 12% dan pasangan nomor urut 1 Agus-Sylviana berada paling bawah dengan perolehan dukungan hanya berjumlah 8%.

Hasil polling Vox Point Indonesia menegaskan bahwa pasangan petahana akan kembali menang, mengingat data yang diperoleh dari polling adalah data akurat yang bisa dipertanggung jawabkan. Apalagi, menurut handoyo, data tersebut merupakan hasil polling yang diisi langsung oleh masyarakat.

“Kerja tim dan relawan Vox Point di lapangan adalah murni, tanpa imbalan, tanpa pesanan dan tidak dibuat untuk kepentingan kelompok atau salah satu pasngan calon. Kita mau tunjukkan bahwa Vox sebagai lembaga independen yang peduli dengan aktifitas sosial politik kebangsaan. Upaya ini adalah cara Vox dalam memberikan pendidikan politik yang baik”, tegas Handoyo. (Albert Syukur/KbN). 

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password