breaking news New

12 Menu Sarapan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Kabarnusantara.net – Selain kaya akan ras dan budaya, Indonesia juga terkenal kaya akan ragam kulinernya. Setiap daerah di Indonesia punya kuliner khas masing-masing, tentu saja dengan bumbu rempah asli Indonesia yang menggugah selera. 

Nah, saking beragamnya, tentu menu sarapan tiap daerah juga beda-beda. Apakah kamu sudah pernah mencicipi salah satu sarapan khas asal Indonesia ini?

Nasi Liwet (Solo)

Gurih dari nasi liwet ini karena santan, dan ada bumbu santan juga yang akan disiramkan ke nasi-nya. Lauknya ada ayam suwir, telur, serta sayur labu. Biasanya dijual oleh ibu-ibu dengan digendong dipinggir jalan.

Nasi Krawu (Gresik)

Nasi putih dengan empal suwir sekaligus serundeng membuat nasi ini menjadi salah satu menu sarapan favorit bagi masyarakat Gresik dan Jawa Timur lainnya.

Nasi Pecel (Madiun)

Sayur mayur seperti kangkung dan tauge rebus disiram dengan bumbu kacang, biasa ada tempe, tahu, telur dan lauk lain seperti ayam atau daging. Jangan lupa makan pakai rempeyek biar makin mantap!

Nasi Jagung (Madura)

Beras dicampur dengan jagung, kemudian ditanak sehingga menjadi nasi jagung. Baunya pun wangi karena biasa tanak dengan daun pandan. Lauknya beragam, mulai dari ikan hingga daging sapi.

Bubur Manado (Manado)

Dikenal juga sebagai Tinutuan, bubur Manado ini disiram dengan jagung manis, serta ditaburi dengan sayur mayur, tuna suwir, ikan asin sekaligus sambal.

Lontong Sayur (Jakarta)

Versi paling sederhana dari lontong sayur hanyalah lontong, bawang goreng, labu serta kerupuk. Namun, kamu juga bisa menambahkan opor ayam dan lainnya sesuai selera.

Kupat Tahu (Bandung)

Kupat Tahu adalah makanan khas Jawa Barat yang memadukan kupat (ketupat), tahu goreng, tauge, dan siraman bumbu kacang atau santan serta baluran kecap. Kupat Tahu paling terkenal adalah Kupat Tahu Singaparna dan Gempol.

Lontong Medan (Medan)

Mirip dengan lontong cap gomeh, bedanya adalah lontong Medan ini pakai rendang, sayur nangka serta tauco dengan rasa pedas. Sedangkan lontong cap go meh biasa menggunakan opor ayam.

Ketupat Kandangan (Banjar)

Terdiri dari lontong, ikan, telur serta bawang goreng, masakan ini berkuah dan rasanya gurih.

Pempek dan Tekwan (Palembang)

Pempek ternyata juga dijadikan sebagai salah satu menu sarapan bagi masyarakat Palembang. Apalagi ditambahkan dengan Tekwan, variasinya pun makin banyak dan nikmat.

Papeda (Papua)

Terbuat dari sagu, papeda ini disajikan dengan kuah kuning serta sayur mayur. Yang bikin berkesan, kamu bisa makan papeda dengan cara dihisap.

Bubur Ayam (Seluruh Indonesia)

Bubur ayam ini sudah dikenal oleh semua kalangan di Indonesia, sehingga bisa dikatakan dari kota atau pulau manapun tentu sudah bisa menikmati bubur ayam. Bubur ayam sekarang toppingn-ya juga macam-macam, bukan hanya daging ayam saja.(RR/KbN)

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password