breaking news New

Rebut Piala Bergilir Bupati Manggarai, 573 Kenshi Unjuk Kebolehan

RUTENG, Kabarnusantara.net -Kejuaraan Kempo Antar Dojo (Kejurdo) mempertandingkan 86 kelas dan diikuti 573 Kenshi (atlet Kempo, red.) dari 14 Dojo, 9 Dojo diantaranya berasal dari Kabupaten Manggarai, 4 Dojo dari Kabupaten Manggarai Timur, dan 1 Dojo dari Kabupaten Manggarai Barat.

Ada pun Dojo yang mengutus Kenshi dalam ajang tersebut antara lain, Dojo GOR, Dojo SMU Negeri 1 Cibal, Dojo SMK Sadar Wisata Ruteng, Dojo SMP Negeri 1 Langke Rembong, Dojo SMP Negeri 2 Langke Rembong, Dojo SMP St. Fransiskus Ruteng, Dojo Karya, Dojo SMP Negeri 4 Reok, Dojo Reo, Dojo Kantor Bupati Manggarai Barat, Dojo SMK Borong, Dojo Watu Nggong, Dojo Sambi Rampas, dan Dojo Weleng.

Tampak para Kenshi menunjukkan kebolehan mereka dalam ajang yang memperebutkan Piala Bergilir Bupati Manggarai. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2016, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Ruteng.

Ketua Pembina Persatuan Kempo Indonesia (PERKEMI), Wilayah Nusa Tenggara Timur, Esthon Foenay dalam sambutan tertulisnya mengatakan pertandingan hendaklah dimaknai sebagai ajang untuk meraih prestasi bagi para Kenshi. Ajang ini juga menjadi moment mempererat tali persaudaraan antar sesama Kenshi.

Ia pun berpesan agar para Kenshi bertanding secara satria.

“Untuk para Kenshi bertandinglah secara satria. Jika kalah, terimalah kekalahan dengan jiwa besar dan teruslah berlatih agar pada pertandingan berikutnya bisa menjadi juara. Karena kita semua adalah para juara ketika kita menerima kekalahan maupun kemenangan dengan sportivitas yang tinggi,” tulis Foenay, yang sambutannya dibacakan Yenny Veronika Deno pada acara pembukaan di GOR Ruteng, Jumat, 16/12/2016.

Dikatakan, Kabupaten Manggarai telah berhasil mencetak atlet Kempo berprestasi di ajang kejuaraan Kempo regional, nasional, maupun pada ajang Pekan Olah Raga Nasional. Atlet berprestasi itu diantaranya, Maria Susanti Isabela, Rino Deno dan Rio Deno.

“Ini bukti bahwa Kempo di tiga Kabupaten di tanah Manggarai bisa berprestasi. Hal ini hendaknya menjadi motivasi bagi para Kenshi yang lain untuk terus mengasah diri dan meraih prestasi,” ujarnya.

Ditambahkannya, pada ajang PON ke XIX di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu, Kempo NTT berada pada posisi Juara Umum dengan menyabet 7 medali emas, 1 medali perak, dan 5 perunggu.

Selain itu, Wakil Bupati Manggarai, Victor Madur mengatakan pilihan untuk bergabung dalam organisasi olahraga bela diri Kempo adalah pilihan yang tepat untuk generasi muda terus membina diri secara sehat dan bertanggung jawab. Selain membina diri, Kempo juga dapat dijadikan ajang untuk meraih prestasi.

“Selain sebagai ajang pembinaan diri generasi muda, Kempo juga dijadikan sebagai ajang meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah,” ujar Madur yang juga Ketua PERKEMI Kabupaten Manggarai itu.

Pada kesempatan berbeda, di sela-sela pertandingan, Koordinator PERKEMI Wilayah Flores, Agustinus Ganggut mengatakan ajang Kejurdo dilaksanakan untuk memperoleh bibit-bibit lapisan atlet Kempo berikutnya. Sehingga ketika ada ajang kejuaraan yang akan datang, baik regional maupun nasional kita sudah memiliki lapisan atlet Kempo yang sudah siap baik secara fisik maupun teknik untuk Randori.

Ajang ini juga diselenggarakan pihaknya dalam rangka membina keakraban. Paling tidak, diantara para Kenshi bisa saling kenal dan saling belajar.

“Kalau mengikuti falsafah Kempo, kita bersaudara. Tetapi kalau slogan kita bersaudara tetapi tidak saling kenal, tidak ada manfaatnya”.

“Kami berharap, selama pertandingan ini, tidak boleh ada yang merasa saya kalah karena dicurangi wasit. Karena kalah dan menang tergantung pada kesiapan Dojo masing-masing,” tandasnya.

Pantauan Kabarnusantara.net, dalam pertandingan antara Yulius Bethen, dari Dojo SMU Negeri 1 Cibal berhadapan dengan Boni Filio T.A. Deno dari Dojo GOR, pertarungan berlangsung sengit. Namun berkat penguasaan teknik yang tinggi, Filio Deno dapat mengakhiri perlawanan Yulius Bethen dengan skor 10 – 0.

Ajang itu menyedot perhatian penonton yang memadati GOR Ruteng dari pagi hingga malam ini. (Alfan Manah/Hipatios/KbN)

163 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password