breaking news New

Tahun 2017, Penamaan dan Pemasangan Papan Nama Jalan di Kota Ruteng Rampung

RUTENG, Kabarnusantara.net –Hingga akhir tahun 2016, 268 ruas jalan di Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai belum seluruhnya memiliki papan nama, bahkan nama jalan. Hal ini tentu saja dapat menyulitkan siapa saja yang hendak mencari alamat tempat dan rumah.Dari 268 ruas jalan yang ada 128 diantaranya telah dipasang papan nama. Anggaran pembuatan dan pemasangan papa nama jalan tersebut diambil dari APBD Kabupaten Manggarai 2016 senilai Rp 150 juta.

Rencananya, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi, akan menuntaskan di tahun 2017 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Manggarai, Martinus Apri Laturake pada Rapat Bina Mitra Forum Lalu Lintas Kabupaten Manggarai di Ruteng, Jumat, 16/12/2016.

“Tahun depan, 140 papan nama sudah harus rampung. Demikian pun nama jalan. Kita upayakan tidak ada lagi jalan di Ruteng yang tidak memiliki papan nama , apalagi nama jalan,” ujarnya.

Dikatakan Apri, begitu ia disapa, penamaan jalan ini tentunya hanya berlaku untuk jalan yang belum memiliki nama, sementara jalan yang telah memiliki nama sejak dahulu tidak akan diubah melainkan hanya dipasang papan nama.

“Jalan yang sudah ada nama tidak akan diubah lagi. Yang akan diberi nama adalah jalan yang belum memiliki nama. Selain itu nama yang akan digunakan tidak akan membingungkan dan bahkan memudahkan orang untuk mengingatnya. Misalnya, jalan di Kelurahan Watu, banyak menggunakan nama Burung. Jalan di Kelurahan Tenda, banyak menggunakan nama-nama buah hasil perkebunan. Dan ruas jalan di Kelurahan Pau banyak menggunakan nama bunga,” terangnya.

“Jika ada yang tanya, Jalan Mawar di mana, kita langsung ingat, oh nama jalan yang menggunakan nama bunga ada di Kelurahan Pau.”

Menurut Apri, ada 268 ruas jalan yang ada di Kota Ruteng dan 128 diantaranya telah dipasang papan nama. Sedangkan, 140 papan nama sisanya akan dirampungkan di tahun depan. Pihaknya mulai memasang papan nama di titik yang sangat padat di daerah kota seperti Kelurahan Mbaumuku, Pitak, Watu, Bangka Nekang, Pau, Lawir, dan Satar Tacik.

“Bila semua ruas jalan telah memiliki nama dan papan nama, tentu ini akan memudahkan siapa saja ketika mencari alamat tempat. Selain itu, nama tokoh-tokoh Manggarai bisa diabadikan pada nama-nama jalan ini,” tandasnya.

Rapat Pembinaan Mitra itu dihadiri Forum Lalu Lintas Kabupaten Manggarai yang terdiri dari Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi, Polantas Polres Manggarai, Jasa Raharja, Organda, Pol PP, Camat Kecamatan Langke Rembong, para Lurah sekecamatan Langke Rembong dan Para Awak Media yang bertugas di Manggarai. (Alfan Manah/Hip/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password